//

HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TELEVISI DENGAN KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK USIA 1-5 TAHUN DI POLIKLINIK ANAK RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Oky Vidia Wahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Keterlambatan bicara merupakan salah satu gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak usia 1-5 tahun. Menonton televisi menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan keterlambatan bicara pada anak usia 1-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas menonton televisi dengan keterlambatan bicara pada anak usia 1-5 tahun di Poliklinik Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain cross sectional survey. Sampel penelitian adalah ibu yang membawa anaknya (berusia 1-5 tahun) yang berobat ke Poliklinik Anak Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, pengambilan sampel secara acidental sampling yang berjumlah 72 responden. Hasil penelitian menunjukkan penderita keterlambatan bicara terbanyak pada rentang usia 4 tahun (34,7%) dan di dominasi oleh laki-laki (62,5%). Anak yang menonton televisi dengan intensitas sering mengalami keterlambatan bicara 80,6% sedangkan yang tidak sering menonton televisi hanya 16,7%. Berdasarkan hasil analisis menggunakan spearman’s rho diperoleh p value (probabilitas) 0,000 (p < 0,05) dan nilai r sebesar 0,543. Kesimpulan terdapat hubungan yang sedang antara intensitas menonton televisi dengan keterlambatan bicara pada batita usia 1-5 tahun. Kata Kunci: Intensitas menonton televisi, keterlambatan bicara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MENONTON TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI DESA PEULANGGAHAN KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rahmawati, 2014)

KORELASI ANTARA MENONTON TELEVISI BERUNSUR KEKERASAN DENGAN HASRAT AGRESI PADA SISWA KELAS VI SD KOTA BANDA ACEH (DITRIYA ADERISA PUTRI, 2019)

PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENONTON TELEVISI DI KOTA BANDA ACEH (KAMELIA, 2018)

BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGAWASI ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP MASYARAKAT GAMPONG RUKOH, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH) (ikhlasillah, 2014)

UPAYA ORANG TUA DALAM MENGONTROL PERILAKU ANAK USIA DINI PADA SAAT MENONTON TELEVISI DI GAMPONG COT LHOK KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Darniati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy