//

ANALISIS MANFAAT DAN BIAYA SOSIAL TERHADAP PENGELOLAAN HASIL HUTAN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FINNA OKTA AKRIANA - Personal Name
SubjectCOST ANALYSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pengelolaan hutan bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya hutan baik manfaat secara langsung maupun tidak langsung. Besarnya pemanfaatan sumber daya hutan yang dilakukan juga mengeluarkan biaya yang besar pula. Pengelolaan hutan apabila tidak disertai pelestariannya akan menimbulkan kerusakan lingkungan. Seperti yang terjadi di Provinsi Aceh yang telah mengalami kerusakan hutan hingga 23.124,41 hektar per tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manfaat yang diterima dan biaya sosial dari pengelolaan hutan tersebut. Penelitian ini meliputi pembahasan manfaat dan biaya yang dianalisis melalui Analysis Costs and Benefits. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total manfaat yang dari pengelolaan hutan selama 11 tahun adalah sebesar 5 triliun rupiah sedangkan total biaya yang dikeluarkan selama 11 tahun adalah sebesar 6 triliun rupiah. Maka dengan menggunakan tingkat suku bunga (BI rate) 9,69 % diketahui nilai NVP negatif yaitu - 206.044.163.460, dan nilai B/C lebih kecil daripada 1 yaitu 0,9159. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan hutan tidak layak untuk diteruskan karena biaya yang lebih besar daripada manfaatnya. Oleh karena itu agar hutan tetap dapat dimanfaatkan pengelolaan hutan harus seimbang dengan pelestariannya. Selain itu pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Provinsi Aceh harus secara tegas membuat kebijakan agar kelestarian hutan dapat terjaga dengan baik untuk masa yang akan datang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANFAAT SOSIAL DAN EKONOMI DARI USAHA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA OLEH MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH (Eti Azwani, 2015)

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PERHUTANAN SOSIAL ALUE SIMANTOK DI GAMPONG HAGU, KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN (INDAH FADILA, 2021)

PENGELOLAAN HUTAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN PENGEMBANGAN HUTAN DESA DI MUKIM LUTUENG KECAMATAN MANE, KABUPATEN PIDIE, PROVINSI ACEH (Ainul Mardhiah, 2016)

ANALISIS PEMANFAATAN HUTAN RAKYAT OLEH MASYARAKAT DI WILAYAH DESA SEUNEBOK KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Yoyon Helmi, 2015)

IMPLEMENTASI PERHITUNGAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA KOPI NA) (SYADZA FADHILLAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy