//

STUDI APLIKASI KONSEP ECO-DESIGN PADA PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novrian Akmal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Desa Lamgaboh, Aceh Besar merupakan desa sentra kerajinan yang memproduksi ragam produk olahan rotan seperti keranjang pakaian, penutup makanan dan peralatan rumah tangga lainnya. Kerajinan rotan hasil produksi sentra kerajinan ini, baik dari pengadaan bahan baku hingga proses produksinya diketahui masih dilakukan secara manual dengan tenaga manusia serta penanganan limbahnya masih dilakukan secara tradisional. Hasil kunjungan dan observasi lapangan mengenai produk kerajinan rotan yang di produksi oleh para pengrajin rotan di Desa Lamgaboh memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan khususnya dari segi pengembangan produk yang mempertimbangkan aspek lingkungan dalam setiap desain dan prosesnya. Konsep pengembangan produk yang memperhatikan aspek lingkungan dari setiap tahapan desain dan proses manufaktur hingga penanganan akhir setelah usai siklus hidup produk dikenal dengan konsep Eco-Design. Hal ini menjadi pertimbangan utama penelitian ini, dalam upaya meningkatkan kualitas dan nilai jual produk kerajinan rotan hasil produksi Desa Lamgaboh dengan penerapan konsep Eco-Design. Penilaian penerapan konsep Eco-Design dapat di analisis dengan menggunakan perangkat bantu Eco-Design PILOT (Product Investigation Learning and Optimization Tool). Perangkat bantu ini sangat menunjang konsep perbaikan produk dan membantu dalam penetapan strategi yang sesuai untuk diterapkan pada sebuah produk. Pada penelitian ini produk yang akan ditinjau adalah tudung saji pelindung makanan berdiameter 700 mm. Pemilihan bahan baku, penentuan teknologi proses, proses manufaktur, penggunaan dan penanganan siklus akhir produk tudung saji dipelajari dan dianalisa dengan bantuan Eco-Design PILOT. Hasil yang diperoleh merupakan rekomendasi strategi perbaikan yang harus dilakukan untuk perbaikan produk. Berdasarkan hasil analisa simulasi perangkat bantu Eco-Design PILOT untuk produk tudung saji, strategi perbaikan yang direkomendasikan terdiri dari dua skala prioritas yaitu utama dan tambahan. Prioritas utama merupakan prioritas yang mendesak untuk dilakukan meliputi meminimalkan munculnya limbah hasil produksi dan optimasi produk daur ulang. Selain itu, perangkat bantu Eco-Design PILOT juga memberikan tiga belas strategi perbaikan prioritas tambahan yang hendaknya dilaksanakan oleh pengrajin pada waktu yang akan datang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (HERRY KURNIAWAN, 2015)

PERANCANGAN ALAT PEMBELAH ROTAN DENGAN METODE PERANCANGAN KONSEPTUAL (STUDI KASUS DI DESA KUEH, ACEH BESAR) (Fajar Mubaraq, 2019)

STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN ROTAN KEUDE BIENG LHOKNGA (Monalisa, 2019)

STUDI APLIKASI KONSEP ECO-DESIGN PADA PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Novrian Akmal, 2016)

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KERAJINAN ROTAN MASYARAKAT LHOKNGA YANG DAPAT DITERAPKAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH (CICI PRASTIKA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy