//

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PENGOLAHAN MINYAK SAWIT MENGGUNAKAN METODE DMAIC SIX SIGMA (STUDI KASUS : PT. KILANG SAWIT ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ikbal Lahiya - Personal Name

Abstrak/Catatan

PT. Kilang Sawit Aceh merupakan produsen penghasil CPO dengan bahan baku TBS, dengan hasil produksi minyak sawit 115 T/D. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan, mengukur dan menganalisis cacat yang terjadi pada proses produksi CPO serta memberikan usulan perbaikan dengan menggunakan metode DMAIC Six sigma. Six Sigma merupakan metode yang digunakan untuk memberikan solusi peningkatan kualitas dan mencari penyebab cacat serta memberikan usulan perbaikan, metode ini disusun melalui fase DMAIC. Hasil dari penelitian dari tahap define yaitu merumuskan perbaikan dengan standar kualitas CPO yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu: kadar FFA 3%, Dirt 0,02%, Moisture 0,2% dan DOBI >2,50. Pada tahap measure melalui diagram kendali bahwa hasil produksi CPO masih terdapat data yang melewati batas control standar perusahaan sedangkan berdasarkan standar SNI data yang melewati batas control hanya sekali terjadi defect pada tahun 2015. Berdasarkan checksheet defect yang terjadi sebanyak 301 kali dengan jumlah pemeriksaan 1076. Berdasarkan perhitungan proportion defective dan final yield didapat dengan nilai 72,03% dengan DPMO 265950 dan nilai sigma 2,125. Berdasarkan prinsip pareto 80% penyebab cacat yaitu dipengaruhi oleh Moisture dengan presentase kumulatif 45,18% dan FFA 81,40%. Dari tahap analyze didapatkan penyebab defect dipengaruhi oleh faktor lingkungan, manusia, material dan mesin. Pada tahapan Improve usulan perbaikan/peningkatan menggunakan metode 5W+1H dan tahapan control usulan pengendalian menggunakan five step plan (5s).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PADA PROSES PENGEMASAN UTAMA MENGGUNAKAN METODOLOGI SIX SIGMA RN(STUDI PADA PT. PUTRI CITRA ACEH-INDONESIA) (FERIZA FAHMI, 2015)

STABILITAS EKSPOR MINYAK SAWIT MENTAH (CRUDE PALM OIL) DI INDONESIA (DEDE REDHAROYLITA, 2019)

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA PADA INDUSTRI PENGOLAHAN ROTI (STUDI KASUS : UD. SARIGUT BAKERY) (SALFAN ANANTA, 2021)

PEMBUATAN BIOPLASTIK KOMPOSIT DARI PATI UMBI JANENG - KHITOSAN DENGAN PEMLASTIS MINYAK SAWIT DAN GLISEROL (Narlis Juandi, 2017)

ANALISIS BIAYA PENGOLAHAN MINYAK KELAPA SAWIT (CPO) PADA PTPN-1 TANJUNG SEUMENTOH DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (RINAHIDAYANI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy