//

KAJIAN PERSEPSI STAF OPERASIONAL TERHADAP PELAKSANAAN EFEKTIVITAS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) GEMPABUMI DI PUSAT GEMPA REGIONAL (PGR) VI BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (BMKG) PADANG PANJANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Mega Yelisna - Personal Name
SubjectEARTHQUAKES-DISASTER SERVICES
EFFECTIVENESS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kejadian gempabumi merupakan bencana alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia khususnya wilayah Sumatera Barat yang berada di pantai barat pulau Sumatera. Untuk itu Stasiun Geofisika Padang Panjang membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam pelaksanaan tugas sehari-hari bagi pegawainya dalam memberikan informasi tentang gempabumi. SOP tersebut diharapkan dapat meminimalisir efek dari bencana gempabumi baik bagi pegawai yang sedang dinas pada saat terjadi gempabumi dan bagi masyarakat luas yang terkena dampak bencana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pesepsi Pegawai terhadap tingkat pelaksanaan efektivitas pelaksanaan SOP Gempabumi. Untuk penilaian efektivitas data yang digunakan berasal dari kuisioner yang disebarkan kepada para responden yaitu staf operasional BMKG Padang Panjang yang melaksanakan pengamatan gempabumi. Data tersebut diolah menggunakan program excel yang kemudian hasil pengolahan digambarkan menggunakan spider chart. Berdasarkan analisa dari penilaian efektivitas SOP Gempabumi di PGR VI BMKG Padang Panjang diatas dapat disimpulkan bahwa Persepsi staf operasional terhadap efektivitas pelaksanaan SOP Gempabumi di PGR VI BMKG Padang Panjang secara keseluruhan belum dilaksanakan dengan baik dan efektif sesuai dengan prosedur yang ada. Ada dua prosedur yang kurang efektif dalam pelaksanaannya yaitu Prosedur Survei lapangan dengan tingkat efektivitas 2.571 dan Prosedur Penerimaan Informasi gempabumi dengan tingkat efektivitas 2.587. Dari hasil penilaian diatas diperoleh tinagkat efektivitas paling rendah 2.571 yaitu untuk Prosedur Survei Lapangan dan tingkat efektivitas paling tinggi pada Prosedur Pelaksanaan Analisa Gempa dengan nilai 4.306 Kata kunci: Efektivitas, SOP, Gempabumi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERPOLASI SUHU UDARA DENGAN METODE CRESSMAN DAN KOREKSI LAPSE RATE (Arif Nurhidayat, 2014)

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (BMKG) ACEH DALAM MENGANTISIPASI BERITA HOAX GEMPA ACEH DI ONLINE MEDIA (RACHMAD KURNIAWAN, 2018)

PENGEMBANGAN PROGRAM UNTUK PENENTUAN LOKASI SUMBER GEMPA BUMI MENGGUNAKAN METODE GRID SEARCH (Tirta Fitria Sari, 2018)

PENGARUH PERBEDAAN IKLIM TERHADAP ANGKA SERVICE PER CONCEPTION ( S/C ) DAN PERSENTASE KEBUNTINGAN SAPI ACEH HASIL INSEMINASI BUATAN DIKECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmayanti Siregar, 2015)

PENGEMBANGAN RANCANGAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) GEMPA BUMI DI RUMAH SAKIT TINGKAT II ISKANDAR MUDA BANDA ACEH (RASBAINY HASIBUAN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy