//

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN KEJADIAN SLEEP PARALYSIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang citra maya sipta - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stres pada mahasiswa kedokteran dijadikan isu penting untuk dibahas karena stres mempengaruhi kesehataan fisik dan mental yang berdampak pada tidur yang terganggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kejadian sleep paralysis berdasarkan tingkatan stres yang dialami. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala angkatan 2012 Banda Aceh diambil secara Total Sampling. Tingkatan stres diukur dengan menggunakan kuesioner Psychometric Properties of The Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42), dan sleep paralysis dinilai dengan menggunakan kuesioner dari penelitian sebelumnya berdasarkan teori. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 124 responden yang terdiri dari 39 laki-laki dan 85 perempuan. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 12,1% responden memiliki tingkat stres ringan, 22,6% stres sedang, 15,3% stres berat dan 50,0% responden tidak mengalami stres. Sedangkan responden yang mengalami sleep paralysis adalah sebanyak 67,7% dan 32,3% responden tidak mengalami sleep paralysis. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada sleep paralysis berdasarkan tingkatan stres dengan p value 0,002. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kejadian sleep paralysis berdasarkan tingkatan stres. Responden dengan tingkat stres berat lebih rentan mengalami sleep paralysis dibandingkan dengan responden dengan tingkat stres lainnya. Kata kunci: stres, sleep paralysis, DASS

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DAN KECEMASAN DENGAN KEJADIAN SLEEP PARALYSIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (DENADA PUTRI HELMI, 2019)

HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP KEJADIAN KERONTOKAN RAMBUT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NADIRA SABRINA MUFTI, 2021)

HUBUNGAN STRES DAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ullyaty Rachmah, 2016)

HUBUNGAN STRES DENGAN PERUBAHAN NAFSU MAKAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (wirdah, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP EMOSI NEGATIF PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER FAKLUTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2014 (ERY SURYA SEVRIANA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy