//

STUDI EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS: ULEE LHEUE, DEAH GLUMPANG, LAMBUNG, BLANG OI, PUNGE JURONG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mursal Fahmi - Personal Name
SubjectROAD ENGINEERING
HIGHWAY SAFETY - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Unsyiah
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Besarnya korban yang jatuh akibat tsunami di Aceh merupakan pelajaran dan indikasi bahwa kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai tsunami dan juga keterampilan dalam menyelamatkan diri dari bencana tsunami. Oleh karena itu, sangatlah diperlukan jalur evakuasi yang diperlukan untuk menyelamatkan diri. Jalur evakuasi harus bersifat sederhana, mudah dipahami dan dimengerti oleh semua kalangan atau kelompok masyarakat, baik penduduk setempat maupun pendatang atau wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap jalur evakuasi bencana tsunami, dan rencana pemerintah kota untuk jalur evakuasi bencana ke depan. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, membagikan kuesioner untuk mengetahui persepsi responden dan wawancara kepada para key informant. Data dianalisis secara deskriptif dan data hasil kuesioner menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebar jalur evakuasi bervariasi (4 m-7 m), karena jalur evakuasi tersebut mengikuti ruas jalan yang telah ada. Berdasarkan pengamatan, efektivitas jalur evakuasi pada kawasan Meuraxa sudah memadai sesuai dengan standart penanganan pascabencana, namun elemen jalur tersebut masih belum mengarah ke suatu titik evakuasi penyelamatan, gedung penyelamatan pun masih terbatas dan jarak tempuhnyapun agak sulit karena jalur yang tersedia ke gedung menyelamatan agak sempit (4 meter). Masyarakat sangat berharap pada pemerintah kota untuk memperhatikan akses jalur evakuasi bencana yang menuju titik penyelamatan dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan penambahan pembangunan gedung penyelamatan dibeberapa titik di kawasan Meuraxa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA DEAH GLUMPANG, DESA LAMBUNG, DAN DESA COT LAMKUWEH, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Vimia Nabila Putri, 2016)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA LAMPASEH ACEH, DESA PUNGE UJONG DAN DESA PUNGE JURONG, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Riky Rivinaldi, 2016)

ANALISIS KETERSEDIAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI KOTA BANDA ACEHRN(STUDI KASUS JEULINGKE, TIBANG, DEAH RAYA) (Abrar Akbar, 2015)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA PUNGE BLANG CUT DAN LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Hilda Arfiya, 2015)

IDENTIFIKASI FREKUENSI NATURAL DAN DAMPING RATIO DENGAN MENGGUNAKAN MIKROMETER PADA GEDUNG EVAKUASI BENCANA DESA ULEE LHEUE DAN DESA ALUE DEAH TEUNGOH (TEUKU NANTA SETIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy