//

KAJIAN UPAH TENAGA KERJA BERDASARKAN PENGALAMAN KEPALA TUKANG PADA PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mailiza Yuliana - Personal Name

Abstrak/Catatan

umah tinggal menengah adalah rumah yang dibangun secara horizontal dengan luas kavling 54 m2 s.d 600 m2. Dalam suatu proyek konstruksi ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan proyek tersebut diantaranya faktor upah dan sumber daya manusia, begitu juga halnya dengan pembangunan rumah tinggal. Pada pembangunan rumah tinggal biasanya owner langsung menunjuk kepala tukang sebagai pelaksana lapangan. Faktor upah ditentukan berdasarkan kesepakatan antara owner dengan kepala tukang. Pada penelitian ini membahas tentang upah tenaga kerja per satuan pekerjaan pada pembangunan rumah tinggal di Kota Banda Aceh dan selisih upah antara berdasarkan pengalaman kepala tukang dengan Analisa SNI 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya upah tenaga kerja per satuan pekerjaan berdasarkan pengalaman kepala tukang yang sudah berpengalaman dibidang konstruksi selama ≥ 10 tahun dan selisihnya dengan perhitungan upah Analisa SNI 2014. Data yang didapatkan adalah dari hasil penyebaran kuesioner kepada 30 responden terpilih dengan menjadikan rumah dengan luas 130 m2 sebagai model/acuan pengisian. Metode pengolahan data menggunakan persamaan rata-rata untuk menghitung upah persatuan tenaga kerja dan perbandingannya dengan Analisa SNI 2014. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pada pembangunan rumah tinggal dengan luas 130 m2 membutuhkan komposisi tenaga kerja yang terdiri dari 1 orang kepala tukang, 3 orang tukang dan 5 orang pekerja. Sedangkan hasil perhitungan upah tenaga kerja untuk membangun satu unit rumah dengan luas 130 m2 berdasarkan pengalaman kepala tukang adalah sebesar Rp.94.441.000,00 dan berdasarkan perhitungan Analisa SNI 2014 yaitu sebesar Rp. 102.890.000,00. Selisih kedua perhitungan tersebut adalah sebesar Rp.8.449.000,00 atau sebesar 8,2% lebih rendah upah tenaga kerja yang ditawarkan oleh kepala tukang. Kata kunci : Rumah tinggal, kepala tukang, upah tenaga kerja, Analisa SNI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BIAYA UPAH TENAGA KERJA BERDASARKAN PERSEPSI KEPALA TUKANG UNTUK PERAWATAN RUMAH TINGGAL DI KOTA BANDA ACEH (Fadel Muhammad, 2016)

KAJIAN UPAH TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN BETON BERTULANG BERDASARKAN PENGALAMAN KEPALA TUKANG PADA PEMBANGUNAN RUKO DI KOTA BANDA ACEH (Rahmat Nur, 2016)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA BERDASARKAN PENGALAMAN KEPALA TUKANG PADA PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Rizqi, 2015)

PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA MATERIAL DAN TENAGA KERJA PERBAIKAN RUMAH DI KECAMATAN BANDAR DAN PINTO RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH (Eko Pratama Putra, 2014)

PERENCANAAN JADWAL TENAGA KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG LANGSA (Rohmat Prihanto, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy