//

PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN JUMLAH TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (STUDI KASUS PEMBANGUNAN GUDANG LOGISTIK KEBENCANAAN PROVINSI ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Imam Maulana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada pelaksanaan proyek konstruksi sering dijumpai kondisi keterbatasan sumber daya tenaga kerja, sehingga perlu mengatur alokasi tenaga kerja secara optimal agar tingkat kebutuhannya tidak melampaui tingkat kemampuan penyediaannya. Disamping itu pengaturan alokasi tenaga kerja perlu dilakukan untuk menghindari perbedaan yang terlalu besar sehingga akan diperoleh tingkat pengangguran yang kecil. Tujuan dari perencanaan ini untuk mendapatkan pengunaan tenaga kerja (Levelling) atau fluktuasi yang terjadi tidak terlalu tajam dengan metode Precedence Diagram Method sebagai alat bantu pengaplikasian. Objek perencanaan pada Proyek Pembangunan Gudang Logistik Kebencanaan Provinsi Aceh. Kontrak waktu pelaksanaan proyek adalah 260 hari (hari kalender). Metodologi dalam perencanaan ini dimulai dengan menguraikan komponen pekerjaan, menentukan durasi kegiatan dan memperkirakan jumlah tenaga kerja setiap pekerjaan berdasarkan analisa SNI-2008 yang digunakan oleh kontraktor. Histogram tenaga kerja dibuat untuk mengetahui jumlah tenaga kerja serta fluktuasi jumlah penggunaan tenaga kerja. Hasil pemerataan tenaga kerja dengan sumber daya yang tidak terbatas yang dituang dalam bentuk histogam. Maka perubahan yang terjadi terhadap Pekerja pada minggu ke-25,26,27, Kepala Tukang pada minggu ke-17 s/d 38, Tukang Kayu pada minggu 29 s/d 34, dan penambahan waktu pada minggu ke- 28, Tukang Batu pada minggu 18 s/d 32, dan pengurangan waktu pada minggu ke-31 & 32, Tukang Besi pada minggu 24,25 s/d 30, sedangkan Tukang Gali tidak terjadi perubahan penambahan dan pengurangan. Kata Kunci: Penjadwalan,Tenaga Kerja,PDM, Microsoft Project,Resource Leveling, Histogram.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN RUTE LOGISTIK PASCA BENCANA MENGGUNAKAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (HAMKA ASH SHIDDIEQY, 2019)

PERENCANAAN JADWAL TENAGA KERJA PADA PROYEK PUSAT MEKANISASI DAN PERBENGKELAN PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Indah Sari, 2021)

OPTIMALISASI PENJADWALAN PROYEK DENGAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (STUDI KASUS PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG KEUANGAN NASIONAL BANDA ACEH) (Raudhah Darmi, 2018)

PROSEDUR PEMBAYARAN TUNJANGAN PRESTASI KERJA PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH ACEH (YUNIZAR SAFITRI, 2018)

PERANCANGAN ULANG TATA LETAK GUDANG LOGISTIK BENCANA MENGGUNAKAN DEDICATED STORAGE DAN PENDEKATAN SIMULASI (Khadijatuzzahro Al Arifiyyah Aritonang, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy