//

ANALISA KEBISINGAN YANG DIHASILKAN MESIN PEMOTONG BATU AKIK MENGGUNAKAN PEREDAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muntazillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Kebisingan merupakan suara yang tidak di kehendaki dari suatu usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan, termasuk ternak, satwa, alam. Kebisingan yang terlalu keras, tinggi atau terdengar terlalu sering dapat merusak pendengaran pekerja, batas normal pendengaran manusia adalah ± 55-70 Db. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar tingkat tekanan suara yang dihasilkan mesin pemotong batu akik. Pengukuran menggunakan alat sound level meter yaitu Norsonic 140. Pengambilan data dilakukan pada ruang terbuka di Gampong Lamgugop Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Pengukuran dilakukan dengan metode hemispherical berdasarkan ISO 3746. Penggunaan peredam busa dan karet ban digunakan untuk mengetahui reduksi atau pengurangan tingkat tekanan suara yang dihasilkan.Jarak pengukuran yaitu 1 meter, 1,5 meter dan untuk jarak pengukuran tingkat distribusi kebisingan yaitu 3 meter. Berdasarkan hasil pengukuran begrounoise mesin pemotong batu akik diperoleh nilai tingkat tekanan suara 80,6 dB . Dan tingkat tekanan suatara pada saat dilakukan pemotongan batu tingkat tekanan suara terjadi kenaikan rata-rata ≤ 10,dB atau sekitar 10 % . Perbandingan tingkat kebisingan yang menggunakan peredam busa (foam), peredam karet ban dan tanpa menggunakan peredam pada proses pemotongan batu akik yaitu pada pemotongan batu akik menggunakan peredam busa dibandingkan dengan tidak menggunakan peredam telah terjadi penurunan tekanan suara sebesar ≤ 10,dB atau sebesar 11 %, sedangkan menggunakan peredam karet ban telah terjadi penurunan tekanan suara sebesar ≤ 5 dB atau sebesar 6 %. dari kedua peredam didapat penurunan tingkat tekanan suara yang tidak lebih dari 10dB sehingga cukup berpengaruh terhadap tingkat tekanan suara yang dihasilkan mesin pemotong batu akik. Kata Kunci : Mesin Pemotong Batu Akik , Kebisingan,Peredam, Sound Level Meter

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEREDAMAN MENGGUNAKAN GLASSWOOL PADA MESIN LOS ANGELES ABRASI (Nanang Azzindani, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK PENAMBANGAN BATU AKIK (STUDI DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA) (Jamaril, 2018)

STRATEGI PEDAGANG BATU AKIK DALAM MENARIK MINAT PEMBELI DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KOMUNIKASI PEMASARAN MARKETING MIX) (Syakban, 2019)

ANALISIS GETARAN PADA MESIN POTONG RUMPUT JENIS GENDONG (BACKPACK) (Kurnia Rahmat H, 2019)

ANALISA KEBISINGAN TERHADAP PEMOTONGAN KERAMIK DAN GRANIT DENGAN MATA POTONG YANG BERBEDA MENGGUNAKAN PEREDAM (NASRUL, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy