//

PEMETAAN KOROSI BETON BERTULANG PADA RUMAH PENDUDUK SETELAH SEPULUH TAHUN TSUNAMI 2004

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wicaksono Achmad Walid - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sepuluh tahun yang lalu, musibah gempa bumi dan tsunami menghancurkan sebagian besar Provinsi Aceh. Banyak rumah terendam air laut dalam rentang waktu tertentu sehingga merusak lapisan pasif antara beton dan baja tulangan. Hal ini memicu terjadinya korosi pada baja dalam beton tersebut. Peneliti sebelumnya telah melakukan pemetaan potensial korosi pada beton bertulang di beberapa rumah terkena tsunami 2004 yang berada di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. Pemetaan dilakukan pada tahun 2009 dan tahun 2012. Hasil pemetaan tersebut telah menunjukkan level risiko korosi menengah (intermediate risk) sampai level risiko korosi tinggi (high risk). Untuk menghindari kegagalan secara tiba-tiba maka perlu dilakukan perawatan dan pencegahan pada rumah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan level korosi beton bertulang pada rumah penduduk setelah sepuluh tahun tsunami 2004 dan membandingkannya dengan hasil pemetaan tahun 2009 dan tahun 2012. Penelitian ini dilakukan di wilayah Aceh Besar dan Banda Aceh. Empat unit rumah yang terendam air laut tsunami dan satu unit rumah yang berada di luar area terkena dampak tsunami sebagai pembanding. Empat sampai lima kolom dipilih mewakili setiap sisi-sisi rumah untuk dilakukan pemetaan. Profometer 5+ digunakan untuk mencari letak tulangan dan sengkang di dalam beton dan untuk mengukur nilai potensial korosi digunakan alat Digital Half-Cell. Level risiko korosi ditetapkan berdasarkan kepada standar ASTM C876. Setelah dilakukan pemetaan potensial korosi pada rumah penduduk tersebut maka didapatkan risiko korosi telah mencapai level risiko tinggi. Kemudian, ditemukan adanya kecenderungan peningkatan risiko korosi pada seluruh kolom di tahun 2015 dibandingkan tahun 2009 dan tahun 2012. Peningkatan korosi terjadi hampir pada seluruh bagian kolom secara merata. Dengan demikian, pencegahan peningkatan potensial korosi pada baja dalam beton perlu dilakukan untuk menghindari kegagalan secara tiba-tiba pada rumah tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI METODE LINEAR POLARIZATION RESISTANCE UNTUK MENGUKUR LAJU KOROSI INFRASTRUKTUR PASCA SEPULUH TAHUN TSUNAMI 2004 (Hayyu Al Hadi, 2016)

STUDI POTENSIAL KOROSI BETON BUSA BERTULANG DENGAN POZZOLAN SEBAGAI BAHAN PENGISI MENGGUNAKAN METODE HALF-CELL POTENTIAL MAPPING (Ammar Ramzy, 2017)

STUDI PENGARUH NILAI COGNITIVE DAN SOCIAL PARAMETER PADA PSO TERHADAP KINERJA BEIA DALAM MENDETEKSI LOKASI KOROSI BETON BERTULANG (Ahmad Julianda, 2019)

RISIKO KOROSI BETON BERTULANG PADA WILAYAH KOTA BANDA ACEH: STUDI KASUS PADA BANGUNAN MASJID BAITUSSALAM, DARUL MAKMUR, DAN AL-MUKARRAMAH (M RESTU FURQAN, 2021)

STUDI PENGARUH JARAK ANODA-KATODA TERHADAP DISTRIBUSI POTENSIAL KOROSI PADA SISTEM PROTEKSI KATODIK BETON BERTULANG (MUHAMMAD RIZKY, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy