//

JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT DAN KADAR HISTAMIN PADA SIE BALU SEBELUM DAN SETELAH DIIRADIASI SINAR GAMMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang arham - Personal Name
SubjectLACTIC ACID BACTERIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Kesehatan Masyarakat Veterineer (Pascasarjana)
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kontaminasi mikroba patogen yang tidak diinginkan pada daging dapat menurunkan kualitas daging. Keberadaan histamin pada bahan pangan menandakan tingkat kemunduran mutu pada bahan pangan dan menyebabkan keracunan. Pengolahan atau penanganan yang lebih baik dapat mengurangi kerusakan selama penyimpanan. Siebalu, merupakan daging kering khas Aceh yang diawetkan dengan penambahan garam, asam dan dikeringkan. Namun proses pengolahan yang lama dan pengeringan dibawah sinar matahari dapat menyebabkan produk daging terkontaminasi mikroorganisme patogen. Iradiasi dapat mengeliminasi bakteri pathogen dalam bahan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah bakteri asam laktat dan kadar histamine pada sie balu sebelum dan setelah diiradiasi dengan dosis 0, 5, 7 dan 9 kGy dan masa simpan 0, 2 sampai 4 bulan. Sie balu dibuat dari 5 kg daging sapi segar, dijemur hingga kering, divakum dan diiradiasi dengan dosis 5, 7 dan 9 kGy. Kemudian sampel diuji dengan parameter, yakni analisis kadar histamin dan jumlah bakteri asam laktat. Iradiasi dan masa simpan berpengaruh nyata (P0,05) terhadap dosis iradiasi dan masa simpan sie balu. Kata kunci: bakteri asam laktat, kadar histamin, sie balu,iradiasi, masa simpan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN KARAKTERISASI SERTA UJI ANTIMIKROBA BAKTERI ASAM LAKTAT DARI FERMENTASI SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA (Suri Raihan Safriani, 2016)

KEBERADAAN SALMONELLA PADA SIE BALU, DAGING KERING KHAS ACEH SETELAH DIIRADIASI SINAR GAMMA (HUSNA, 2016)

PERUBAHAN KADAR PROTEIN DAN ASAM LAKTAT SUSU FERMENTASI MENGGUNAKAN STARTER LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS SELAMA PERIODE INKUBASI (Rahman Al Faris, 2015)

ISOLASI DAN KARAKTERISASI SERTA UJI ANTIMIKROBA BAKTERI ASAM LAKTAT DARI FERMENTASI BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (PUTRIANI, 2016)

EKSPLORASI BAKTERIOSIN KASAR DARI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT JRUEK DRIEN SERTA AKTIVITAS ANTIMIKROBA (Haifa Khairunnisa, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy