//

HUBUNGAN JENIS SINDROM DISPEPSIA DENGAN STATUS GIZI PASIEN DI BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Haekal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat-zat gizi. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi adalah penyakit sindrom dispepsia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan jenis sindrom dispepsia dengan status gizi pasien di Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien sindrom dispepsia yang berobat ke Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin. Pengambilan data dilakukan bulan November – Desember 2015 didapatkan 100 responden. Pengukuran jenis sindrom dispepsia dengan menggunakan kuesioner kriteria Roma II dengan wawancara. Pengukuran status gizi dengan menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan. Hasil penelitian didapatkan pasien dispepsia fungsional mirip ulkus sebanyak 35 orang (35%), mirip dismotilitas sebanyak 35 orang (35%), dan non-spesifik sebanyak 30 orang (30%). Status gizi kurus didapatkan sebanyak 59 orang (59%), normal sebanyak 25 orang (25%), gemuk sebanyak 13 orang (13%), dan obesitas sebanyak 3 orang (3%). Jenis sindrom dispepsia fungsional mirip dismotilitas 68,6% dengan status gizi kurus, sedangkan yang non-spesifik hanya 40% dengan status gizi kurus. Hasil analisis Kruskal-Wallis dengan p value < 0,05 menunjukkan terdapat hubungan jenis sindrom dispepsia dengan status gizi pasien di Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (p value = 0,014). Kesimpulan penelitian terdapat hubungan jenis sindrom dispepsia dengan status gizi pasien di Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata Kunci: Dispepsia fungsional, status gizi, kriteria Roma II

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN STATUS GIZI PASIEN HIPERURISEMIA DI BAGIAN/SMF ILMU PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Eko Pranata Setia, 2014)

HUBUNGAN SYMPTOM DEPRESI PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DI BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmat Zuaidi, 2015)

HUBUNGAN OVERWEIGHT DENGAN OSTEARTRITIS DIPOLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH (Topan Ardian, 2015)

HUBUNGAN TONSILITIS KRONIK DENGAN STATUS GIZI ANAK DI POLIKLINIK THT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ROSA EMELDA SOFIA, 2019)

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN PERSENTASE LIMFOSIT TOTAL PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Kurnia Gilang Ramadhana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy