//

HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN HIPERTIROIDISME TERHADAP GANGGUAN MENSTRUASI DI RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nariska Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hipertiroidisme merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan meningkatnya hormon tiroid akibat hiperaktivasi kelenjar tiroid. Salah satu dampak hipertiroidisme terhadap sistem reproduksi adalah gangguan menstruasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai hubungan tingkat keparahan hipertiroidisme terhadap gangguan menstruasi pada pasien wanita. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Tiga puluh lima sampel diambil secara accidental sampling pada bulan November - Desember 2015 di Poli Klinik Endokrinologi RSUDZA Banda Aceh. Tingkat keparahan hipertiroidisme berdasarkan hasil laboratorium FT4 kemudian dikelompokan dalam tingkat normal, mild, moderate dan severe. Variabel gangguan menstruasi dinilai berdasarkan checklist dengan metode wawancara terpimpin. Hasil perhitungan 35 sampel didapatkan bahwa jumlah pasien hipertiroidisme yang mengalami gangguan mentruasi paling banyak pada kategori severe yaitu, 100%. Analisis hubungan tingkat keparahan hipertiroidisme terhadap gangguan menstruasi menggunakan Uji Spearman menunjukkan hasil (p=0,031) dengan nilai koefisien korelasi 0,366. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan tingkat keparahan hipertiroidisme terhadap gangguan menstruasi dengan nilai signifikan (p value

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEPARAHAN HIPERTIROIDISME TERHADAP PENINGKATAN TEKANAN DARAH DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Firdawati, 2016)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN GANGGUAN MENSTRUASI PADA WANITA USIA SUBUR (CUT ZAIRA ADILLA ALHUMAIRA, 2019)

HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PANJANG SIKLUS MENSTRUASI MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (ALIEF AFRISIAMMY WIJAYA, 2019)

IDENTIFIKASI GANGGUAN MENSTRUASI PADA REMAJA PEREMPUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CHI SQUARE MANTEL HAENSZEL (ASRILIYANI NUR ISLAMI YATURAHMAH, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN NYERI KEPALA SAAT MENSTRUASI PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dolly Jazmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy