//

ANALISIS KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) MENGGUNAKAN METODE MULTI CHANNEL ANALISYS OF SURFACE WAVE (MASW) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farzian Iqbal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Provinsi Aceh secara alami terletak di dalam daerah risiko tinggi dari beberapa tipe yang berhubungan dengan bencana alam, dikarenakan Provinsi Aceh berada dalam lokasi patahan sumatera dan lempeng samudera. Seperti salah satu kejadian gempa bumi disertai oleh tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 lalu, salah satu wilayah di Aceh yang terkena dampak paling besar akibat gempa bumi dan tsunami adalah Kecamatan Syiah Kuala yang terletak di pesisir kota Banda Aceh. Bangunan-bangunan yang mengundang konsentrasi massa harus dibangun dengan konstruksi tahan gempa sesuai dengan daya dukung tanah masing-masing. Studi tentang nilai kecepatan gelombang geser sangatlah penting dilakukan, dikarenakan kondisi geografis aceh yang amat rawan terjadinya gempa – gempa besar. Analisis kecepatan gelombang geser (shear wave velocity) merupakan parameter penting untuk mengetahui perilaku dinamis tanah di bawah permukaan. Karakterisasi ini menghitung bahaya seismik biasanya didasarkan pada nilai-nilai kecepatan gelombang geser, dan ini merupakan hal penting bagi perencanaan konstruksi teknik sipil dalam bidang geoteknik. Penelitian kecepatan gelombang geser (Vs) tanah ini ditinjau pada kawasan strategis Kota Banda Aceh tepatnya Kecamatan Syiah Kuala yang bertujuan untuk dapat menggambarkan situasi pemetaan kecepatan gelombang geser (Vs) tanah dalam bentuk peta mikrozonasi amplifikasi tanah di wilayah tersebut. Pengambilan data lapangan dilakukan pada 11 titik lokasi di Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Pemetaan kecepatan gelombang geser pada suatu wilayah merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi dan memudahkan perencana bangunan menentukan tingkat kekerasan tanah menurut Euro Code (E8) dan Uniform Building Code (UBC) pada suatu wilayah perencanaan. Pengambilan data seismik dilakukan menggunakan metode MASW (Multi Channel Analisys of Surface Wave) lalu interpretasi data lapangan dilakukan dengan menggunakan software SeisImager/SW. Hasil yang didapat menggambarkan bahwa klasifikasi tanah pada kedalaman 30 meter di Kecamatan Syiah Kuala merupakan tanah tanah lunak dan tanah sedang sesuai dengan klasifikasi tanah pada tabel UBC, E8, dan SNI 1726-2012, sehingga memperbesar resiko amplifikasi tanah pada Kecamatan tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MAPPING KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) DI KECAMATAN BAITUSSALAM, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) (Fathur Ridha, 2016)

IDENTIFIKASI LAPISAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (RADIFAN RAMADHAN AK, 2019)

ANALISIS KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) MENGGUNAKAN METODE MULTI CHANNEL ANALISYS OF SURFACE WAVE (MASW) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Farzian Iqbal, 2016)

KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS30) UNTUK PEMETAAN MIKROZONASI DI KECAMATAN MEURAXA, BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) (Livia Minda Yeni, 2018)

INVESTIGASI LAPISAN BAWAH PERMUKAAN DI KECAMATAN MEURAXA, BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) (Reni Sri Wahyuni, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy