//

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE DAN RECYCLE)DI GAMPONG ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazaruddin - Personal Name
SubjectWASTES
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE DAN RECYCLE) DI GAMPONG ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH Oleh : Nazaruddin NIM. 1209200060039 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eldina Fatimah, M. Sc 2. Dr. Ir. Suhendrayatna. M. Eng ABSTRAK Program penanganan masalah persampahan salah satunya adalah melalui program 3R(Reduce, Reuse dan Recycle). Program ini terdiri dari reduceatau mengurangi jumlah sampah, reuseatau memanfaatkan kembali sampah dan recycle atau mendaur ulang sampah.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari partisipasi masyarakat dalam menjalankan program 3R(Reduce, Reuse dan Recycle)di Gampong Ilie, juga untuk memberikan rekomendasi pengelolaan berbasis masyarakat.Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi di lapangan, pembagian kuesioner kepada masyarakat Gampong Ilie, dan wawancara yang dilakukan dengan petugas TPS 3R (Reduce, Reuse dan Recycle)dan para pengambil kebijakan.Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalahmasyarakat belum berperan aktif dalam sistem pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) di Gampong Ilie.Hal ini dikarenakan sebagian masyarakattidak membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, dan masyarakat mewadahi sampahnya tanpa ada pemilahan antara sampah kering dengan sampah basah.Proses pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse dan Recycle)berbasis masyarakat di Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng, ternyata masih kurang baik.Terlihat bahwa hanya bagian recyle saja yang diterapkan pada gampong tersebut.Nilai evaluasi diperoleh sebesar 192, yang berada pada interval 139-224 sehingga menunjukkan pengelolaan sampah di TPS 3R(Reduce, Reuse dan Recycle) kurang berfungsidan kegiatan pengelolaan yang ada belum berjalan dengan optimal.Persepsi masyarakat tentang persampahan dan sistem pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) secara keseluruhan menunjukkan bahwa masyarakat Gampong Ilie setuju terhadap peraturan Pemerintah Kota Banda Aceh yang melarang membuang sampah sembarangan dan setuju terhadap pihak pengelola TPS 3R (Reduce, reuse, dan Recycle) yang ditugaskan oleh DK3 Banda Aceh untuk memberikan tingkat pelayanan yang nyaman bagi masyarakat. Kata Kunci : Partisipasimasyarakat, pengelolaan sampah, program 3R(Reduce, Reuse dan Recycle), Gampong Ilie

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PROGRAM 3R GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Farizah Hanum, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, DAN RECYCLE) DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (MEGA SOFIA, 2020)

PEMODELAN SISTEM DINAMIK UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DESA RUKOH MELALUI RENCANA PEMBANGUNAN TPS 3R (TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH - REDUCE REUSE RECYCLE) (Mulya Mutawaqqil, 2017)

ESTIMASI EMISI KARBON DARI SAMPAH PERMUKIMAN DENGAN METODE IPCC (INTERGOVERNMENTAL PANEL ON CLIMATE CHANGE) DI KECAMATAN ULEE KARENG, BANDA ACEH (Dedi Sofriadi, 2015)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI RNKEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH RN(STUDI KASUS : COMPOSTING HOUSE DI GAMPONG ILIE KECAMATAN ULEE KARENG) (RAIHAN LUTFIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy