//

ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA TERHADAP PEKERJAAN KOLOM BETON BERTULANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tri Satrya Ginting - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produktivitas merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu pekerjaan konstruksi. Peningkatan produktivitas akan mengurangi waktu pekerjaan, dan itu berarti akan mereduksi biaya pekerjaan sehingga diperoleh suatu biaya tenaga kerja minimum. Kolom merupakan salah satu elemen struktur yang berperan penting dalam suatu konstruksi bangunan. Untuk itu perlu diketahui secara detail pengerjaan kolom beton bertulang dengan mengukur nilai produktivitasnya. Pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah berapa nilai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan kolom beton bertulang dan berapa nilai koefisiean kebutuhan (requirement) tenaga kerja kolom beton bertulang dibandingkan dengan AHSP 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan kolom beton bertulang pada proyek Pembangunan Gedung Ruang Kuliah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala dan membandingkan requirement tenaga kerja dengan AHSP 2013. Ruang lingkup pekerjaan yang ditinjau pada lantai 2 dan berjumlah 16 kolom bertipe kolom KL-1 yang berukuran 40x60 cm. Data yang digunakan antara lain, data primer adalah data yang diperoleh dari pengamatan pada pelaksanaan yang sedang dilaksanakan di lapangan, pengamatan dilakukan terhadap item-item pekerjaan kolom beton bertulang, dimulai dari pekerjaan pemasangan tulangan, pemasangan bekisting, penuangan ready mix, dan pembukaan bekisting. Data yang diamati adalah waktu kerja efektif, jumlah tenaga kerja, dan luas bidang pengamatan. Data sekunder merupakan data pendukung guna melengkapi data primer yang telah diperoleh berupa gambar bestek dan AHSP 2013. Dari Hasil penelitian diperoleh nilai produktivitas tenaga kerja rata-rata pada pekerjaan kolom yang meliputi pemasangan tulangan sebesar 184,640 kg/hari, requirement tukang sebesar 0,005 OH, dan pekerja 0,005 OH, pada pemasangan bekisting sebesar 6,909 m2/hari, requirement tukang sebesar 0,145 OH dan pekerja 0,290 OH, pada pekerjaan penuangan ready mix nilai produktivitas tenaga kerjanya sebesar 7,592 m3/hari, requirement tukang sebesar 0,132 OH dan pekerja 0,396 OH, pada pekerjaan pembukaan bekisting nilai produktivitas tenaga kerjanya sebesar 41,402 m2/hari, requirement pekerja 0,024 OH.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PLAT LANTAI BETON BERTULANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizdki Kamarullah, 2015)

PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN KOLOM BERTULANG (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG AUDITORIUM STAIN GAJAH PUTIH, TAKENGON) (MHD AGUS HERMAWAN, 2020)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEKERJAAN RINGBALK PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ridha Rizki, 2015)

ESTIMASI BIAYA TENAGA KERJA PADA BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH (Siti Hajar, 2020)

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy