//

PERANCANGAN AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) BERBASIS MINI PLC SIEMENS LOGO 12/24R 0BA6

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azwar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Teknologi sistem kontrol ATS (Automatic Transfer Switch) telah banyak digunakan pada sistem kelistrikan di gedung-gedung dan rumah. ATS merupakan alat yang berguna sebagai pengalihan aliran daya listrik secara otomatis. Perancangan ATS berbasis MINI PLC LOGO Siemens 12/24R 0BA6 ini dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah ATS yang dapat mengalihkan daya listrik ke beban dari sumber utama (PLN) ke sumber cadangan (Genset) apabila kondisi sumber PLN mengalami gangguan seperti salah satu fasa terputus, terjadinya drop/over voltage pada sistem kelistrikan milik PLN. Perancangan ATS ini terdiri dari mini PLC siemens Logo 12/24R 0BA6, sensor tegangan, relay, kontaktor dan MCB. ATS ini menggunakan mini PLC Siemens Logo 12/24R 0BA6 sebagai pusat kendali, pengendalian dilakukan berdasarkan nilai input dari sensor tegangan pada PLC dan seterusnya dihubungkan dengan rangkaian daya. Berdasarkan hasil pengujian, ketika sensor tegangan mendeteksi salah satu fasa sistem PLN terputus, PLC akan memberikan sinyal penyalaan genset kepada AMF dan ATS akan mengalihkan beban ke genset, apabila kondisi PLN mengalami ganggua drop/over voltage, ATS akan mengalihkan daya dari PLN ke genset ketika sensor mendeteksi tegangan PLN ≤ 342 V dan ≥ 403 V.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PRINSIP KERJA AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) PADARNBLUD RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PEMERINTAH ACEH (Muhammad Reza Fahlevi, 2014)

SISTEM MONITORING POWER SUPPLY REPEATER RADIO SCADA PT. PLN (PERSERO) APD ACEH MONITORING SYSTEM POWE SUPPLY REPEATER RADIO SCADA PT. PLN (PERSERO)APD ACEH (Nanda Nurmaulida, 2019)

PROTOTIPE SISTEM PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERDASARKAN KELEMBABAN TANAH BERBASIS MIKROKONTROLER (M. Alfurqan, 2017)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN LISTRIRUMAH TANGGA YANG DISUPLAI DUA SUMBER ENERGI YAITU SUMBER DARI PANEL SURYA DAN PLN MEMERLUKAN SISTEM PENGATUR SUPLAI DAYA KE BEBAN, AGAR PERGANTIAN SUPLAI ENERGI LISTRIK KE BEBAN DAPAT BEKERJA SECARA OTOMATIS, SEHINGGA DAPAT DIKATAKAN RUMAH CERDAS. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MERANCANG PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS GUNA MENINGKATKAN KEHANDALAN DALAM SISTEM KELISTRIKAN DARI SEGI KONTINUITAS PENYUPLAIAN DAYA DAN PENGHEMATAN TAGIHAN LISTRIK. MELALUI PROTOTIPE INI SEBAGAI PEMODELAN UNTUK MELIHAT SISTEM KERJA PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK SAAT MENGGUNAKAN SUMBER LISTRIK PANEL SURYA DAN PLN. PROTOTIPE DIRANCANG MENGGUNAKAN PERANGKAT PLC LOGO SIEMENS 12/24RC TIPE 0BA6 SEBAGAI SENSOR TEGANGAN UNTUK MEMBACA TEGANGAN MASUKAN DARI PANEL SURYA DAN PLN. RANCANG BANGUN PROTOTIPE DIMULAI DENGAN MERANCANG RANGKAIAN SENSOR UNTUK INPUT PLC, RANGKAIAN SENSOR YANG DIRANCANG MEMILIKI KELUARAN PADA RANGE TENGAH PLC (0-10V). UNTUK MEMBUAT PROGRAM PADA PLC SEBAGAI SENSOR TEGANGAN DIHITUNG TERLEBIH DAHULU PARAMETER RANGE TEGANGAN SENSOR YANG AKAN DIPROGRAM AGAR SISTEM DAPAT BEKERJA SESUAI INPUT YANG DIBERIKAN, SELANJUTNYA DIRANGKAI RANGKAIAN RELE SESUAI RANGKAIAN KERJA. HASIL DARI DATA YANG DIPEROLEH PROTOTIPE BEKERJA SECARA OTOMATIS PENYUPLAIAN ENERGI KE BEBAN. PADA SIANG HARI SUMBER ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA DISUPLAI OLEH SUMBER PLN DENGAN DAYA TOTAL ADALAH 56 WATT, PANEL SURYA MELAKUKAN PENGECASAN, SEDANGKAN SAAT MALAM HARI DAPAT DISUPLAI OLEH PLN 30 WATT DAN DI-BACK-UP PANEL SURYA 25.8WATT, SERTA SAAT PEMADAMAN LISTRIK PLN DISUPLAI OLEH SUMBER PANEL SURYA DENGAN DAYA SEBESAR 34.4WATT. (NURLAILA AMNA, 2015)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MESIN (ATM) DI KOTA BANDA ACEH (Abdul Aziz, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy