//

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR BARUKABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR ASIAH - Personal Name
SubjectCOUNSELING-EDUCATION TEACHERS MANEGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA Oleh : Nur Asiah NIM : 1309200050028 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Manajemen guru bimbingan dan konseling merupakan faktor penting dalam upaya mewujudkan mutu lembaga pendidikan. Manajemen bimbingan dan konseling akan dapat memberikan layanan bimbingan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan program, pelaksanaan, evaluasi, hambatan guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik: observasi, wawancara, dan studi dokumensi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru bimbingan dan konseling, serta siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik: reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program guru bimbingan dan konseling yang dibuat berupa: program tahunan, program semester, program bulanan, harian, dan RPL telah tersusun dan terdokumentasi; 2) Pelaksanaan bimbingan dilaksanakan sesuai dengan program yang telah diprioritaskan. Penyusunan dilakukan pada awal tahun dan melibatkan guru bimbingan konseling, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan Pembina OSIS. Pelaksanaan program sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa; 3) Evaluasi yang dilaksanakan disesuaikan dengan kasus yang diselesaikan, di antaranya pelanggaran disiplin seperti terlambat hadir ke sekolah, tidak menggunakan atribut sekolah, dan membawa HP ke sekolah. Evaluasi yang dilaksanakan bersifat kualitatif; dan 4) Hambatan yang ditemui, guru bimbingan dan konseling kurangnya kerjasama dengan wali kelas, pembina OSIS dalam penyelesaian permasalahan siswa. Kata Kunci: Manajemen, Guru, Bimbingan dan Konseling

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR BARUKABUPATEN PIDIE JAYA (NUR ASIAH, 2016)

SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 MEUREUDU DAN SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (IDAWATI, 2018)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (M. Ramzi, 2018)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MTSN RUKOH BANDA ACEH (Sri Mutia, 2014)

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 4 DAN SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (ARNITA AIDIL, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy