//

EVALUASI KEKUATAN STRUKTUR BANGUNAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BANGUNAN PENYELAMAT TSUNAMI AKIBAT BEBAN GEMPA DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sanneti Hevianis - Personal Name
SubjectSTUCTURAL ANALYSIS - CONSTRUCTION
BUILDING - CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh pada tanggal 26 Desember 2004, Kota Banda Aceh mengalami kerusakan infrastuktur yang sangat berat. Kecamatan Kuta Alam, salah satu Kecamatan di Kota Banda Aceh yang terdiri dari 11 desa, hanya 2 diantaranya yang tidak terkena dampak tsunami; banyaknya korban jiwa yang timbul karena tidak adanya peringatan dini dan bangunan untuk tempat berlindung. Saat ini tidak adanya bangunan escape building di wilayah Kecamatan Kuta Alam ini membuat perencanaan tata ruang wilayah yang berbasis mitigasi bencana belum dapat terlaksana dengan baik. Menurut Soviana (2015), terdapat 45 bangunan yang dapat menjadi alternatif sebagai bangunan penyelamat ketika terjadinya tsunami, namun hal inipun belum menjamin keamanannya, karena belum diketahui standar daya tahan bangunan tersebut terhadap ancaman gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan struktur bangunan dan mengetahui aksesibilitas bangunan tersebut terhadap permukiman penduduk setempat. Penelitian dilaksanakan pada 5 bangunan publik, yang termasuk dalam wilayah yang memiliki risiko paling tinggi hingga sedang akibat bencana tsunami. Bangunan tersebut antara lain : SMPN 9 Banda Aceh, SDN 36 Banda Aceh, Mesjid Ar-Rahman SD Kartika XVI-1 Banda Aceh, SMA Safiatuddin Banda Aceh, dan SDN 45 Banda Aceh. Semua bangunan tersebut merupakan konstruksi beton bertulang dan berlantai 2. Tahapan penelitian ini adalah dengan melakukan pengamatan secara visual untuk keseluruhan bangunan; melakukan perhitungan kekuatan untuk kondisi eksisting bangunan dengan Structural Analysis Programming (SAP2000), beban gempa rencana sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-1726-2012; dan melakukan penilaian aksesibilitas terhadap permukiman penduduk. Hasil penelitian menunjukkan kelima bangunan tersebut masih dalam kondisi yang sangat bagus, hasil perhitungan SAP2000 juga menunjukkan bangunan tersebut masih memiliki kekuatan yang cukup baik ketika dibebani beban gempa, aksesibilitas bangunan tersebut juga memiliki jarak yang cukup dekat dengan perumahan penduduk dan permukiman sehingga dapat dijangkau dengan hanya berjalan kaki. Keyword : Gempa bumi, Tsunami, Bangunan Penyelamat Tsunami

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KETAHANAN STRUKTUR GEDUNG EVAKUASI DI ULEE LHEUE TERHADAP BEBAN TSUNAMI (AMIRAH FASYA, 2019)

ANALISIS KERENTANAN BANGUNAN GEDUNG DAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MITIGASI BENCANA TSUNAMI DI KECAMATANRNKUTA ALAM BANDA ACEH (Widya Soviana, 2015)

PENGARUH RISING DAMP TERHADAP KEKUATAN STRUKTURAL RUMAH TEMBOKAN AKIBAT GEMPA DI KOTA BANDA ACEH DENGAN METODE INCREMENTAL DYNAMIC ANALYSIS (MEUTIA ULFAH, 2020)

PERILAKU STRUKTUR ESCAPE BUILDING KONSTRUKSI BAJA DENGAN METODE ONE LOST OF COLUMN (Misqul Syakirah, 2016)

OPTIMALISASI SISTEM PEMELIHARAAN GEDUNG PADA BANGUNAN PENYELAMAT (ESCAPE BUILDING) DI KOTA BANDA ACEH (RITA OFIANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy