//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZQA NURULLAH MJ - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Perbandingan, Hasil Belajar, Make a Match, Tebak Kata, IPS Terpadu Alternatif dalam meningkatkan motivasi yang nantinya akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar adalah merubah model pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas siswa sebagai subyek belajar, salah satu pemecahan permasalahan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Tebak Kata. Model pembelajaran Tebak Kata dan Make a Match memiliki kesamaan dalam langkah penerapannya yaitu sama-sama bermain secara pasangan, sedangkan perbedaannya adalah model Make a Match menuntut siswa untuk lebih teliti dan efektif dalam mencocokkannya jawaban. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Tebak Kata dalam mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Tebak Kata pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 234 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini hanya dua kelas yakni kelas VII-7 sebanyak 29 siswa dan kelas VII-8 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 1,95 yang lebih besar dari ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 0,05 dengan peluang 0,95 dan dk = 56, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar IPS Terpadu pokok bahasan mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia yang menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Tebak Kata pada siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IIS DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (WITA ROSA FATMALA, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI IPS TERPADU DAN KEAKTIFAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE DAN TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VISUAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (HARMAYUNITA, 2020)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy