//

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FLORA ROSALIA - Personal Name
SubjectMANAGEMENT-SPECIAL EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BANDA ACEH Oleh: Flora Rosalia NIM: 1309200050023 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Pendidikan inklusif merupakan wadah strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), termasuk anak penyandang cacat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih spesifik mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, orangtua/wali siswa, dan pihak Dinas Pendidikan. Lokasi penelitian ini yaitu SDN 1, SDN 32 dan SDN 54 di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan pendidikan inlkusif di ketiga sekolah belum terprogram dan terdokumentasi secara efektif. Hanya SDN 1 yang telah menunjuk secara khusus penanggung jawab pendidikan inklusif di sekolah. Dalam pelaksanaannya, sekolah belum memiliki guru pembimbing khusus, sarana prasarana, kurikulum, dan media pembelajaran khusus. Pengawasan hanya dilakukan oleh kepala sekolah dan guru, serta tidak menggunakan dokumen instrumen. Sedangkan evaluasi pembelajaran dilakukan secara khusus tetapi tidak terdokumentasi. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan inklusif di sekolah, kepala sekolah dan guru memiliki persepsi, kepekaan dan komitmen positif terhadap PDBK. Sementara itu, faktor penghambat pendidikan inklusif di sekolah meliputi: dinas terkait belum merancang program khusus, belum melakukan pendampingan dan pengawasan, belum menempatkan guru berlatar belakang pendidikan luar biasa dan belum menerapkan kurikulum sekolah inklusif. Disarankan kepada Dinas terkait untuk dapat memberikan perhatian secara lebih mendalam dengan menempatkan Guru Pembimbing Khusus (GPK), memberikan bantuan yang mengarah langsung kepada kebutuhan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) dan melakukan pendampingan terhadap sekolah penyelenggara program pendidikan inklusif. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Inklusif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI INKLUSIF KOTA BANDA ACEH (Nirwana Ulfha, 2019)

TINJAUAN YURIDIS HUKUM HAK ASASI MANUSIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA (Wendy Juliasari, 2018)

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIRNDI SEKOLAH DASAR NEGERI 32 KOTA BANDA ACEH (Ery Wati, 2014)

PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BANDA ACEH (Mudhafar Anzari, 2018)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy