PENGARUH VARIASI LAJU PEMANASAN TERHADAP KUAT TEKAN KERAMIK KOMPOSIT TANAH LIAT (CLAY)/PASIR BESI/ABU SEKAM PADI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH VARIASI LAJU PEMANASAN TERHADAP KUAT TEKAN KERAMIK KOMPOSIT TANAH LIAT (CLAY)/PASIR BESI/ABU SEKAM PADI


Pengarang

agustina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0808102010030

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

553.61

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh variasi laju pemanasan terhadap kuat tekan keramik komposit tanah liat (clay)/pasir besi/abu sekam padi dengan menggunakan dua variasi warna abu sekam padi yaitu merah muda dan abu-abu. Penelitian ini dilakukan dengan karakterisasi menggunakan XRF dan SEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi laju pemanasan terhadap kuat tekan keramik komposit dengan menggunakan laju pemanasan 3 dan 5 °C/min. benda uji dibuat dengan ukuran 50 mm x 50 mm x 50 mm, pengujian kuat tekan dilakukan dengan menurut ASTM C67.Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai kuat tekan yang tertinggi ditunjukkan oleh sampel keramik komposit tanah liat (clay)/pasir besi/abu sekam padi merah muda dengan menggunakan laju pemanasan 3 °C/min dengan nilai kuat tekan rata-rata 11,0474 MPa. Sedangkan nilai kuat tekan yang terendah ditunjukkan oleh sampel dengan menggunakan laju pemanasan 5 °C/min dengan abu sekam padi berwarna abu-abu dengan nilai kuat tekan rata-rata 7,724 MPa. Perbedaan kuat tekan ini dikarenakan pada laju 3 °C/min laju pemanasan yang terjadi didalam furnace lebih lambat sehingga ikatan antar butir lebih kuat dibandingkan sampel dengan laju 5 °C/min. Sementara itu karakterisasi dengan menggunakan SEM menunjukan bahwa sampel dengan laju 5 °C/min memiliki permukaan dengan porositas yang lebih banyak dibandingkan dengan sampel yang menggunakan laju pemanasan 3 °C/min.
Kata kunci: tanah liat, pasir besi, abu sekam padi, XRF, SEM, Kuat tekan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK