//

MANAJEMEN PEMBIAYAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SMP NEGERI 4 BIREM BAYEUN DI KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CHAIRINDA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL-FINANCIAL SUPPORT
SCHOOL OPERATIONAL
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN PEMBIAYAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SMP NEGERI 4 BIREM BAYEUN DI KABUPATEN ACEH TIMUR Oleh : Chairinda NIM :1209200050014 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Manajemen pembiayaan Bantuan Operasional Sekolah berfungsi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan biaya, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan serta meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah. Pembiayaan pendidikan dana Bantuan Operasional Sekolah di SMP Negeri 4 Birem Bayeun dilaksanakan melalui implementasi fungsi-fungsi manajemen melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, penggunaan, pengawasan, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan biaya BOS pada SMP Negeri 4 Birem Bayeun di Kabupaten Aceh Timur. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Subjek penelitian Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru, Komite Sekolah, Pengawas dan Konsultan dana BOS Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan program dilakukan berdasarkan petunjuk teknis penggunaan dana BOS dengan melibatkan guru, Komite Sekolah, dan Dinas Pendidikan serta melakukan sosialisasi kepada warga sekolah, orang tua serta masyarakat tentang program yang telah direncanakan, (2) Penggunaan dana BOS dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan program yang telah direncanakan, (3) Pengawasan penggunaan dana BOS dilakukan oleh Komite Sekolah, dan Dinas Pendidikan. Bentuk pengawasan dilakukan dengan membandingkan antara program yang direncanakan dengan pelaksanaan. Hasil pengawasan yang diperoleh, penggunaan dana BOS telah sesuai dengan petunjuk teknis, dan (4) faktor-faktor kekuatan penggunaan dana BOS adalah upaya mewujudkan visi dan misi, kepemimpinan kepala sekolah yang koperatif, tingkat pendidikan guru yang memadai, dukungan masyarakat akan kemajuan pendidikan, transparansi penggunaan dana BOS dan keinginan personil sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah. Sedangkan faktor-faktor penghambat adalah kurangnya jumlah operator pendataan, anggaran yang diterima belum mampu memenuhi semua kebutuhan sekolah, dan adanya pos-pos pembiayaan yang tidak tercantum dalam petunjuk teknis penggunaan dana BOS serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam dukungan dana. Kata kunci: Manajemen, Pembiayaan, dan Bantuan Operasional Sekolah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBIAYAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA (Herman, 2018)

MANAJEMEN PEMBIAYAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 TRIENGGADENG (FITRIANI, 2019)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTADI KABUPATEN PIDIE (Muhammad Andi, 2015)

STUDI PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI KEDELAI(LAHAN SAWAH DAN LAHAN KERING) (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUNGAI RAYA DAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR) (ARIEF KURNIAWAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy