//

VALIDASI ROTTERDAM RENAL REPLACEMENT KNOWLEDGE – TEST DALAM MENILAI PENGETAHUAN TERAPI PENGGANTI GINJAL PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulizania - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyakit Ginjal Kronik (PGK) merupakan penyakit kronis yang memerlukan terapi pengganti ginjal jika telah sampai pada tahap akhir. Sebelum menjalani terapi, pasien harus memiliki pengetahuan tentang terapi, pengetahuan yang baik bisa menurunkan angka kematian dan memperlambat akses transplantasi. Untuk mencapai outcome yang optimal penilaian terhadap pengetahuan terapi dengan alat ukur yang valid menjadi penting. Alat ukur yang digunakan secara Internasional adalah Rotterdam Renal Replacement Knowledge- Test (R3K-T) karena memiliki tingkat validitas yang baik dalam menilai pengetahuan terapi pengganti ginjal, agar bisa dipakai di Indonesia diperlukan adanya uji validitas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji validitas transkultural R3K-T versi bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik berdasarkan metode validasi World Health Organization (WHO) dan Product Moment Pearson’s Correlation. Tingkat validitas ditentukan dengan membandingkan nilai -r tabel hitung dengan nilai -r tabel korelasi product moment. Pada penelitian ini didapatkan nilai r tabel hitung dari 30 pasien PGK yang dilakukan penilaian adalah -0,041 sampai 0,569. Sementara itu nilai r tabel korelasi dengan α = 0.05 adalah 0, 374. Uji reliabilitas juga dilakukan untuk menilai konsistensi alat ukur berdasarkan koefisien Cranbach Alpha, pada hasil didapatkan nilaiα 0,556 < 0,7. Kesimpulan pada penelitian ini adalah validitas dan reliabilitas kuesioner R3K-T versi bahasa Indonesia tidak baik; tidak bisa digunakan dalam menilai pengetahuan terapi pengganti ginjal pada pasien PGK yang menjalani terapi dialisis di Instalasi Dialisis Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh. Kata Kunci : penyakit ginjal kronik, R3K-T, validitas, reliabilitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DAN NON DIABETES MELLITUS DENGAN SURVIVAL RATE PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH PERIODE 2011-2015 (Nurul Fitria, 2017)

HUBUNGAN MENOPAUSE DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Syarifah Intan Amalya, 2018)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Maya Zahara, 2015)

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN KELUARGA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Ayu Afriyani , 2015)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy