//

ANALISA KELAYAKAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH KELURAHAN GAMPONG JAWA, BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridha Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pesatnya perkembangan di berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya menyebabkan jumlah penduduk di Kota Banda Aceh semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah penduduk juga diikuti dengan peningkatan volume sampah yang dihasilkan. Pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Gampong Jawa merupakan salah satu alternatif yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi permasalahan sampah. Layak atau tidaknya suatu lokasi TPA sampah telah diatur dalam Surat Keputusan Standar Nasional Indonesia No. 03-3241-1994 tentang Tata Cara Pemilihan Lokasi TPA sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan lokasi lahan di Kelurahan Gampong Jawa untuk dijadikan lokasi tempat TPA sampah di Kota Banda Aceh dengan memanfaatkan penerapan Sistem Informasi Geografis (SIG). Data penelitian dianalisis menggunakan metode overlay peta dari Sistem Informasi Geografis (SIG). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa lokasi TPA sampah Gampong Jawa berada pada zona tidak layak untuk TPA dengan metode open dumping karena tidak memenuhi persayaratan SK SNI No. 03-3241-1994 terhadap parameter jarak dengan badan air dan pemukiman. Setelah ditingkatkan sistem pengelolaan sampah menjadi sistem sanitary landfill, akibat buruk yang ditimbulkan dari lokasi TPA sampah Gampong Jawa telah dapat diatasi. Dengan demikian lokasi TPA Gampong Jawa tidak bermasalah untuk TPA sampah Kota Banda Aceh yang dikelola menggunakan sistem sanitary landfill. Kata kunci: tempat pembuangan akhir sampah, sistem informasi geografis, sk sni no. 03-3241-1994

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDAPATAN PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) DI GAMPONG JAWA BANDA ACEH (Vera Mita, 2016)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS JALUR PENGANGKUTAN SAMPAH UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERBASIS WEB (SHERLYNA, 2019)

PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH (BISNAWATI, 2016)

IDENTIFIKASI TIMBULNYA KAWASAN KUMUH DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS : GAMPONG JAWA, KECAMATAN KUTARAJA, BANDA ACEH) (SUSI ARDILLA, 2018)

PERAMALAN VOLUME SAMPAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARIMA TIME SERIES (STUDI KASUS : TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR REGIONAL BLANG BINTANG) (Rahimatun Nisa, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy