PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING DI SD NEGERI LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING DI SD NEGERI LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

NURLELA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104040034

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: pelaksanaan, remedial teaching
Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Remedial Teaching di SD Negeri Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar”. Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimanakah pelaksanakan remedial teaching di SD Negeri Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar? Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan remedial teaching di SD Negeri Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 11 orang guru kelas. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui wawancara dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berisi tujuh belas pertanyaan sebagaimana terlampir. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan remedial teaching di SD Negeri Lamreung adalah pengetahuan guru yang masih minim tentang pelaksanaan remedial teaching. Kemudian belum semua guru melaksanakan remedial teaching sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dalam pelaksanaan remedial teaching tindakan guru pada persiapan yaitu, diagnosis kesulitan belajar dimana guru belum mengidentifikasi kesulitan belajar. Guru hanya menganalisis nilai pelajaran tertentu dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Guru belum menentukan faktor penyebab kesulitan belajar dan belum memperkirakan alternatif bantuan, namun langsung membantu siswa. Guru yang menetapkan dan melaksanakan remedial. Semua siswa mendapatkan perlakuan yang sama.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK