//

HUBUNGAN SERUMEN OBSTURAN DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ULEE KARENG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Puteri Moetia Charisma - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Serumen obsturan adalah serumen yang tidak berhasil dikeluarkan dari liang telinga yang dapat menyebabkan sumbatan pada canalis acusticus externus. Serumen obsturan berkumpul membentuk massa yang menyebabkan gangguan pada hantaran suara sehingga terjadinya gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran yang terjadi karena serumen obsturan adalah gangguan pendengaran tipe konduktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kejadian serumen obsturan dan gangguan pendengaran pada pelajar MIN Ulee Kareng serta mengetahui hubungan serumen obsturan dengan gangguan pendengaran. Penelitian ini merupakan penelitian analytic observasional dengan desain cross sectional study yang dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2015 di MIN Ulee Kareng Banda Aceh. Diagnosis serumen obsturan dilihat dengan menggunakan otoskop dan lampu kepala, sedangkan gangguan pendengaran ditentukan dengan menggunakan audiometri nada murni. Selama penelitian berlangsung, dikumpulkan sebanyak 51 pelajar yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 51 pelajar yang diperiksa, 30 (58,8%) pelajar yang mengalami serumen obsturan dan 14 (27,5%) pelajar mengalami tuli konduktif. Dari 14 pelajar yang mengalami tuli konduktif, 13 (91,9%) pelajar dengan tuli konduktif derajat ringan, dan 1 (7,1%) pelajar dengan tuli konduktif derajat sedang. Hasil uji Chi Square menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara serumen obsturan telinga kanan dan kiri dengan gangguan pendengaran telinga kanan dan kiri (p=0,027). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan serumen obsturan dengan gangguan pendengaran pada pelajar MIN Ulee Kareng Banda Aceh Tahun 2015. Kata kunci: Serumen obsturan, gangguan pendengaran, tuli konduktif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESANTUNAN BERBAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ULEE KARENG BANDA ACEH (Sri Putri Wulandari, 2017)

HUBUNGAN GANGGUAN PENDENGARAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SD NEGERI BLANG BINTANG (MUHAMMAD REZA, 2019)

HUBUNGAN PENGONTROLAN KADAR GULA DARAH DAN LAMA WAKTU MENDERITA DIABETES MELLITUS DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN (eka rahmawati, 2015)

HUBUNGAN LAMA PAPARAN PENGGUNAAN EARPHONE MUSIK TERHADAP TERJADINYA GANGGUAN PENDENGARAN AKIBAT BISING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Nurul Syakila, 2014)

GAMBARAN PENYEBAB GANGGUAN PENDENGARAN DI POLI THT-KL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Wendra Saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy