//

PENGARUH EKSTRAK SELADA (LACTUCA SATIVA L.)TERHADAP KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Thariq Mubarak - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Diabetes Melitus tipe 1 (DM tipe 1) adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia kronis dan merupakan efek dari reaksi autoimun yang menyebabkan kerusakan sel beta pankreas. Sejauh ini, penggunaan insulin seumur hidup merupakan satu-satunya langkah terapi pada DM tipe 1. Selada merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan yang efektif untuk memproteksi sel dari kerusakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ekstrak selada (Lactuca sativa L.) terhadap kadar gula darah tikus putih yang induksi aloksan. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dan metode pretest posttest dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah 27 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) dibagi secara acak ke dalam tiga kelompok, yaitu ekstrak selada dosis 100 mg/KgBB, ekstrak selada dosis 200 mg/KgBB dan kontrol negatif. Semua kelompok diberikan perlakuan selama lima belas hari, kemudian kadar gula darah tikus diukur. Data dianalisis dengan menggunakan ujit berpasangan. Hasil pengukuran kadar gula darah sesudah perlakuan menunjukan kadar gula darah rata-rata kelompok kontrol negatif, 100 mg/KgBB dan 200 mg/KgBB adalah 373.78 mg/dl, 305.56 mg/dl, 228.78 mg/dl. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh berupa penurunan kadar gula darah pada kelompok perlakuan pada dosis 100 mg/KgBB dan 200 mg/KgBB. Hasil analisis data menunjukan tidak ada perbedaan nyata (p>0.05) kadar gula darah pada kelompok kontrol negatif dan perlakuan dosis 100 mg/KgBB, tetapi terdapat perbedaan yang nyata (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PEMBERIAN INFUSA DAUN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN ALOKSAN (Kiky Moelviani, 2016)

KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) DIABETES MELITUS SETELAH DITERAPI DENGAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) (Elsa Suarni, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015)

AKTIVITAS SUPEROXYDE DISMUTASE (SOD) DAN KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) WISTAR DIABETES SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK KULIT BUAH DELIMA MERAH (PUNICA GRANATUM L.) (INTAN FITRI APRILA, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SENGGANI (MELASTOMA AFFINE D.DON) MENGGUNAKAN TEKNIK NANOEMULSI TERHADAP KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS L.) (FANI FARDINITA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy