//

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 MEUREUDU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARZUWAN - Personal Name
SubjectPRINCIPALS
QUALITY OF EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 MEUREUDU Oleh: Marzuwan Nim : 1309200050016 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Sekolah yang bermutu secara langsung dapat ditunjukkan oleh kemampuan kepemimpinannya dalam menciptakan proses pendidikan yang bermutu. Proses pendidikan merupakan komponen inti dari sistem pendidikan, karena sejumlah sumber daya pendidikan didayagunakan secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang: (1) Bagaimanakah kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam pelaksanaan program kebijakan di SMA Negeri 1 Meureudu; (2) Strategi kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan; (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Meureudu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penetapan kebijakan melalui perumusan visi, misi dan tujuan sekolah, menyusun RAPBS, kedisiplinan, pengelolaan administrasi, pengadaan sarana dan prasarana, peningkatan kemampuan guru melalui pendidikan, pelatihan dan penyediaan buku-buku; (2) Untuk meningkatkan mutu pendidikan, strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: mengadakan rapat bulanan, membimbing guru, menciptakan suasana kondusif, memotivasi guru dan staf, mengoptimalkan penggunaan sumber daya; dan (3) Gaya kepemimpinan yang digunakan dalam mengelola pendidik dan tenaga kependidikan, kepala sekolah menggunakan gaya situasional sesuai dengan tingkat kematangan dari bawahannya. Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, dan Mutu Pendidikan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (CASWO, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP UNGGUL YPPU SIGLI KABUPATEN PIDIE (Yusnidar, 2013)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI ALUE BATA DAN SD NEGERI UJONG PATIHAH KABUPATEN NAGAN RAYA (Nurul Istiwana, 2021)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD GUGUS VI INTI GEUMPANG KABUPATEN PIDIE (ABDUL HADI, 2019)

GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 2 SEUNAGAN (MUSLIADI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy