//

PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK ANALISIS TINGKAT KERAWANAN BANJIR (STUDI KASUS DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) KRUENG ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Azmi Syukran - Personal Name

Abstrak/Catatan

Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Banjir bisa menjadi bencana yang merusak lingkungan dan bahkan merenggut nyawa manusia. Untuk meminimalisasikan dampak dari bencana banjir, perlu dilakukan analisis tingkat kerawanan banjir. Hasil analisis tersebut akan menghasilkan suatu peta tingkat kerawanan banjir yang dapat dijadikan sebagai sistem peringatan dini (early warning system) dalam hal antisipasi dan penanganan banjir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuat peta tingkat kerawanan banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode yang digunakan adalah dengan cara melakukan overlay lima parameter zonasi tingkat kerawanan banjir, yaitu curah hujan, penggunaan lahan, tekstur tanah, ketinggian lahan (elevasi) dan kemiringan lereng. Overlay yang digunakan adalah Weighted Sum, yang cara kerjanya ialah melakukan penjumlahan skor dan bobot tiap parameter tersebut hingga diperoleh nilai kerawanan dari tiap daerah di kawasan tersebut. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa tingkat kerawanan di DAS Krueng Aceh terbagi atas empat kelas, yaitu sangat rendah, rendah, sedang dan tinggi. Untuk masing-masing kelas tersebut secara berurutan diperoleh luas daerah 34.392,24 Ha (17,43%), 79.955,55 Ha (40,52%), 76.877,28 Ha (38,96%) dan 6.086,25 Ha (3,08%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMETAAN KAWASAN RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Muhammad Sani, 2016)

KAJIAN KAWASAN RAWAN BANJIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI KLUET DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Ruspiadi, 2018)

KAJIAN TINGKAT KERAWANAN BANJIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI WOYLA PROVINSI ACEH (RIFA ALAYANI, 2021)

PENGGUNAAN METODE WEIGHTED OVERLAY UNTUK PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR DI KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (Roby Arnando, 2020)

ANALISIS TINGKAT KERAWANAN DAN PENGENDALIAN BANJIR DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG PIRAK BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (INAYAH ZHIA UL FAJRI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy