PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL MEDIA KOMIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAKENGON | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL MEDIA KOMIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAKENGON


Pengarang

DARMAWAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906101040072

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, media komik, konvensional, Geografi.
Hasil belajar adalah prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses
pembelajaran dengan membawa suatu pembentukan tingkah laku seseorang. Untuk
melihat hasil belajar dari kedua kelas dapat dilakukan dengan menggunakan
perbandingan. Sehingga penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Antara
Siswa yang Diajarkan Dengan Model Media Komik dan Pembelajaran Konvensional
pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Takengon” ini mengangkat masalah
yakni apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model media komik dan pembelajaran konvensional dalam mata
pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Takengon?. Penelitian tersebut bertujuan untuk
mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model media komik dan pembelajaran konvensional dalam mata
pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Takengon. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Takengon yang berjumlah 220 siswa. Sampel
yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas X3 sebanyak 34 siswa dan kelas X4
sebanyak 35 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling.
Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre test dan post
test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data post test
yang diperoleh adalah thitung = 2,29 dan nilai ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05 (uji
satu pihak) dengan dk = + - 2= 34 + 35 – 2 = 67 adalah 1,67. Oleh karena itu
terima Ha jika thitung ? ttabel dengan thitung = 2,29 dan ttabel = 1,67 atau 2,29 > 1,67,
maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa yang
mendapat pembelajaran dengan model media komik lebih baik dari pada siswa yang
diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Geografi di SMA
Negeri 1 Takengon dapat diterima kebenarannya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK