//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL MEDIA KOMIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DARMAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, media komik, konvensional, Geografi. Hasil belajar adalah prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses pembelajaran dengan membawa suatu pembentukan tingkah laku seseorang. Untuk melihat hasil belajar dari kedua kelas dapat dilakukan dengan menggunakan perbandingan. Sehingga penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajarkan Dengan Model Media Komik dan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Takengon” ini mengangkat masalah yakni apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model media komik dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Takengon?. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model media komik dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Takengon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Takengon yang berjumlah 220 siswa. Sampel yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas X3 sebanyak 34 siswa dan kelas X4 sebanyak 35 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre test dan post test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data post test yang diperoleh adalah thitung = 2,29 dan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 (uji satu pihak) dengan dk = + - 2= 34 + 35 – 2 = 67 adalah 1,67. Oleh karena itu terima Ha jika thitung ≥ ttabel dengan thitung = 2,29 dan ttabel = 1,67 atau 2,29 > 1,67, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model media komik lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Takengon dapat diterima kebenarannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Erdini Susanti, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Misbahul Julia, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Syarifah Riska, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (TI ASMAK, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy