//

ANALISIS PERKEMBANGAN DESAIN PENGANAN TRADISIONAL ACEH BESAR PADA UPACARA KENDURI PERKAWINAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rizda putri ananda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: analisis perkembangan, penganan tradisional, Aceh Besar, kenduri perkawinan, desain Penelitian yang berjudul “Analisis Perkembangan Desain Penganan Tradisional Aceh Besar Pada Upacara Kenduri Perkawinan” mengangkat masalah tentang bagaimana perkembangan desain penganan tradisional Aceh Besar yang disediakan dalam upacara kenduri perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui jenis penganan tradisional pada upacara kenduri perkawinan, 2) mengetahui faktor penyebab yang mempengaruhi terjadinya perkembangan desain penganan tradisional pada upacara kenduri perkawinan, dan 3) menganalisis perkembangan desain (titik, garis, ukuran, warna, tekstur, ornament, dan motif) penganan tradisional pada upacara perkawinan di Aceh Besar. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu pengrajin penganan tradisional Aceh Besar berjumlah 3 orang, petua adat berjumlah 3 orang, dan dari Majelis Adat Aceh 1 orang. Objek penelitian ini yaitu penganan tradisional yang disediakan dalam upacara kenduri perkawinan di Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis penganan tradisional yang disediakan dalam upacara perkawinan pada tahapan balah talam (balasan tunangan) yaitu Wajéb dan Bhoi, serta pada tahapan tueng dara baro penganan tradisional yang disediakan yaitu Meusekat, Dôdôi, Wajép, Bhoi, Keukarah, dan Bungong Kayèe. Perkembangan desain yang terjadi dalam penganan tradisional Aceh Besar dipengaruhi karena faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan disekitar tempat tinggal masyarakat dan permintaan konsumen. Disamping itu perkembangan desain yang terjadi yaitu dalam proses pembuatan, bahan utama yang digunakan, dan penambahan ornament didalam desain penganan tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BUNGONG JAROE PADA UPACARA ADAT TUENG DARA BARÔ DI MASYARAKAT NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (MONA RAUSAH, 2021)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PEMBUAT PENGANAN TRADISIONAL DI DESA MEUNASAH KARIENG LAMLHOM KABUPATEN ACEH BESAR (1990-2014) (Cut Ida Astuti, 2016)

MAKNA SIMBOLIK PADA BUSANA PENGANTIN TRADISIONAL PRIA DAN WANITA DALAM UPACARA ADAT PERKAWINAN DI DESA SUBULUSSALAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Dede Anggi Riana, 2014)

HAL GAIB DALAM MASYARAKAT KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH 1981-2006 (Asniyah, 2020)

TRADISI UPACARA PERKAWINAN ADAT JAWA DI KOTA LANGSA (KIKI SYAFRIDAYANTI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy