//

DESAIN SISTEM PENGUKURAN LENDUKAN VERTIKAL JEMBATAN SECARA NIRKABEL BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suhardi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jembatan dibangun dengan daya tahan tertentu terhadap beban yang melaluinya. Ketika jembatan dilalui beban maka akan mengalami beberapa indikasi seperti getaran dan lendutan vertical pada bagian tertentu. Apabila lendutan ini terjadi secara terus menerus dalam nilai yang besar maka jembatan akan mengalami kerusakan dalam jangka waktu yang lebih cepat dari yang telah direncanakan pada saat dibangun. Untuk itu, pada penelitian ini akan dirancang suatu sistem pengukuran lendutan vertical pada jembatan secara nirkabel. Menggunakan sensor Accelerometermma7361 dan mikrokontroler ATmega32, system akan dibangun secara nirkabel menggunakan modul ZigBee dengan topologi pair yang mempunyai satu perangkat router/end device dan satu perangkat coordinator, data dapat diperoleh secara terus menerus setiap harinya. Data pengukuran juga dapat ditampilkan pada PC user dan disajikan dalam bentuk tertentu agar mudah dianalisa. Sistem pengukuran ini memiliki nilai error rata-rata sebesar10%, nilai toleransi dari struktur bangunan seperti jembatan yaitu dibawah 25% dari pengukuran konvensional. Sistem ini dirancang mengingat pemantauan terhadap lendutan jembatan hanya dilakukan pada saat-saat tertentu dan dalam jangka waktu yang relatif lama. Sistem diharapkan dapat dibangun lebih efisien terhadap waktu, biaya dan tenaga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN RANGKAIAN KENDALI PENGISIAN DAN PEMAKAIAN ENERGI BATERAI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU (PLTB) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32 (Saniman R, 2014)

PENERAPAN SISTEM IRIGASI CURAH (SPRINKLER) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM CEPA L.) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328 (Ruwaida, 2021)

RANCANG BANGUN PLATFORM SISTEMRNMONITORING DAN CONTROLLING MULTIPURPOSERNBERBASIS SENSOR NIRKABEL POINT-TO-POINT (Edi Maulana, 2015)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM DETEKSI KEAMANAN RUMAH MELALUI HANDPHONE BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16 (Ranto Asmara, 2014)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMANTAUAN SUHU JARAK JAUH BERBASIS GSM (GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE) (Nuzulul Rahmad, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy