//

DISTRIBUSI JENIS LUMUT KERAK (LICHENES) PADA TUMBUHAN INANG DI KAWASAN HUTAN WISATA IBOIH, PULAU WEH KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang vety anggela - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lumut kerak hidup sebagai epifit pada pohon dengan cara menempel pada batang, dahan dan daun. Telah dilakukan penelitian mengenai distribusi lumut kerak pada tumbuhan inang di kawasan Hutan Wisata Iboih, Pulau Weh Kota Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis dan tipe morfologi talus lumut kerak serta distribusinya pada berbagai jenis tumbuhan inang yang terdapat dikawasanHutan Wisata Iboih, Pulau Weh Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan metode survei eksploratif dengan menggunakan kurva spesies area. Pengamatan lumut kerak diamati menggunakan pengujian spot test, uji mikrokristal dan sayatan apotesia. Parameter yang diamati adalah jenis pohon yang dijadikan inang oleh lumut kerak, morfologi talus serta jenis lumut kerak. Selain itu juga diukur parameter lingkungan meliputi kelembaban udara, suhu udara dan pengukuran pH substrat kulit batang pohon. Hasil menunjukkan bahwa tipe talus yang mendominasi pada pohon inang yang ada di lokasi penelitian adalah tipe crustose. Jumlah spesies lumut kerak yang ditemukan ada 7 jenis, tetapi yang berhasil diidentifikasi sebanyak 6 jenis.Sedangkan, jumlah spesies tumbuhan inang yang ditemukan sebanyak 13 jenis.Jenis lumut kerak yang dominan penyebarannya pada pohon inang adalah Verrucaria mucosa sebesar 77%. Kata kunci: Lumut Kerak, Crustose, Tumbuhan Inang, Hutan Wisata Iboih.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISTRIBUSI LUMUT KERAK (LICHENES) PADA BERBAGAI JENIS POHON INANG DI KAWASAN HUTAN ANEUK LAOT, PULAU WEH KOTA SABANG (Warzatullisna, 2016)

DISTRIBUSI LUMUT KERAK PADA BERBAGAI TIPE KULIT BATANG POHON DI TAMAN WISATA ALAM HUTAN IBOIH, PULAU WEH KOTA SABANG (Fanny, 2016)

JENIS LUMUT KERAK (LICHENES) DI KAWASAN ALUR SUNGAI PINANG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (ADITYA TEGUH PURNAMA.YR, 2019)

INVENTARISASI LUMUT KERAK (LICHENES) DI PULAU DUA KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (FONNY ELFIRA SIREGAR, 2020)

IDENTIFIKASI LUMUT KERAK (LICHENES) DI KAWASAN IE SEU UM KECAMATAN MESJID RAYA, KABUPATEN ACEH BESAR (LISA RAUZATUL MARETIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy