//

DISTRIBUSI KANDUNGAN MERKURI DI DAS KRUENG SIKULAT KECAMATAN SAWANG ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISMAYATI - Personal Name
SubjectPOLLUTION CONTROL TECHNOLOGY - WATER
MERCURY (ELEMENT)
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Rismayati, 2015. Distribusi Kandungan Merkuri di DAS Krueng Sikulat Sawang Aceh Selatan. Tesis Magister, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, di bawah bimbingan Muyassir dan Suhendrayatna. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi kandungan merkuri pada tanah dan air sungai di DAS Krueng Sikulat Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Pengambilan titik sampel menggunakan metode grid sebanyak 35 lokasi untuk tanah dan 13 lokasi untuk air sungai. Parameter yang diambil adalah kandungan merkuri dan pH. Kandungan merkuri dianalisis menggunakan metode standar dengan Atomic Absorption Spectrometry(AAS), kemudian dibandingkan dengan standar nilai ambang baku mutu lingkungan (Golongan I, PP No. 82 tahun 2001) 0,001 mg.l -1 dan kriteria nilai ambang baku mutu tanah maksimum untuk merkuri 0,06 µg.g -1 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 sampel tanah yang dianalisis semua mengandung merkuri. Konsentrasi merkuri tertinggi 29,178 µg.g -1 berat kering dan terendah 0,617 µg.g -1 berat kering dengan rerata konsentrasi merkuri 4,316 µg.g -1 berat kering dan standar deviasi 7,401 µg.g -1 berat kering. Berdasarkan perhitungan luas peta distribusi, luas daerah yang tercemar sekitar 489,03 Ha atau 7,64 % dari luas DAS Krueng Sikulat. Daerah yang tercemar ini merupakan lahan pertanian dan pemukiman. Hasil analisis sampel air sungai umumnya mengandung merkuri namun distribusinya hanya pada bagian hulu dan tengah DAS Krueng Sikulat pada pengambilan sampel setelah hujan. Konsentrasi merkuri tertinggi pada air sungai pada pengambilan sampel setelah hujan adalah yaitu 0,00608 mg.l -1 . Namun untuk sampel air sungai yang diambil pada musim kemarau, konsentrasi merkuri tidak melewati Nilai Ambang Batas (NAB) 0,001 mg.l -1. Kata kunci: merkuri, daerah aliran sungai, Krueng Sikulat, dan Sawang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KITIN DARI LIMBAH CANGKANG KEPITING BAKAU GENUS SCYLLA DALAM PENGIKATAN MERKURI (HG) DI PERAIRAN KRUENG SIKULAT KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (resa syafitri, 2014)

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Herlisma, 2018)

HUBUNGAN KADAR MERKURI PADA SUMBER AIR DENGAN STATUS KESEHATAN MASYARAKAT KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2013 (Rajab Saputra, 2014)

ANALISIS KANDUNGAN LOGAM MERKURI PADA KERANG BATISSA VIOLACEA LAMARCK DAN SEDIMEN DI SUNGAI RASIAN ACEH SELATAN (Fini Kumitha Sari, 2015)

ANALISIS STATUS NEUROLOGIS AKIBAT PAPARAN MERKURI DARI KEGIATAN PENAMBANGAN EMAS RAKYAT PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2013 (Mirza Risqa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy