//

EVALUASI KINERJA SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Robby Ziat Pasya - Personal Name
SubjectLIGUID WASTES
WASTEWATER
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Sistem pengelolaan air limbah secara off-site belum dimiliki oleh Kota Banda Aceh. Dalam pengelolaan limbah domestik masih banyak kendala atau masalah yang terjadi di lapangan. Kendala-kendala tersebut seperti pengembangan sistem on-site belum dilakukan dengan baik. Perawatan terhadap bangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) juga masih kurang. Untuk mengarah menuju sistem yang lebih baik pemerintah pusat dan daerah terus melakukan studi-studi khususnya sistem off-site. Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat memunculkan permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana permukiman yang layak seperti sanitasi lingkungan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif – deskriptif, dan didukung dengan kuantitatif serta Analisis SWOT dan USG untuk merumuskan strategi dan prioritas peningkatan kinerja. Hasil penelitian dari kondisi kinerja sistem pengelolaan air limbah domestik di Kota Banda Aceh berupa Pengelolaan air limbah domestik di Kota Banda Aceh hanya sebatas pembuangan ke saluran drainase kota dan sungai yang dilakukan karena tidak adanya pelayanan pengelolaan air limbah, dokumen perencanaan telah tersedia (Master-plan Air Limbah) namun kadaluarsa dalam hal kegiatannya, masyarakat masih minim pemahaman dan menggantungkan kepentingan pengelolaan air limbah domestik kepada pemerintah daerah. Sistem Pengolahan Air Limbah Terpusat (IPAL) belum ada, karenanya tidak berfungsi. Sistem Pengolahan Air Limbah Setempat (IPLT) dalam kondisi baik serta fasilitas pendukung berfungsi dengan baik. Kualitas effluen di IPLT sudah memenuhi standar baku mutu. Berdasarkan hasil analisis SWOT dan USG (Urgency, Seriousness and Growth) maka langkah-langkah yang perlu ditingkat dalam pengelolaan air limbah domestik di Kota Banda Aceh adalah diantaranya meningkatkan pengelolaan untuk melindungi sumber daya air dan lingkungan dan mengesahkan peraturan daerah tentang sistem pengelolaan air limbah domestik termasuk menyusun perijinan pembuangan air limbah domestik, penetapan kelas air, sebagai acuan pemantauan/pengawasan serta pengendalian pencemaran air beserta penerapan sanksi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN DRAINASE KOTA BANDA ACEH SECARA TERPADU(STUDI KASUS GAMPONG KEURAMAT DAN GAMPONG LAKSANA,KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH) (Yuswar, 2015)

EVALUASI KINERJA SISTEM DRAINASE ZONA 5 KOTA BANDA ACEH (Ari Herfiansyah, 2019)

ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PADA DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPKAD) KOTA BANDA ACEH (Shafrida, 2014)

PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PENATAUSAHAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA PENGELOLA KEUANGAN DAERAH (STUDI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN KOTA BANDA ACEH) (SARA AUDINA, 2018)

PENGOLAHAN LIMBAH PENCUCIAN PAKAIANRN DENGAN MENGGUNAKAN KANGKUNG AIR (IPOMOEA AQUATIC FORSK) DAN JERINGAU (ACORUS CALAMUS L) (Fitri Dewi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy