//

KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MIN MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika Dewi - Personal Name
SubjectTEACHERS
LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MIN MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH Oleh: RikaDewi NIM: 1309200050029 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Kinerja guru dalam proses pembelajaran adalah hasil kerja seorang guru, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab berdasarkan standar kinerja yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: kemampuan dan ketepatan, kualitas, inisiatif, dan kendala guru dalam meningkatkan proses pembelajaran pada MIN Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru-guru dalam membuat RPP di sekolah sudah ada, sebagaimana terlihat saat melakukan proses pembelajaran guru merasa tidak bingung dan kesulitan lagi, karena semua bahan ajar sudah disiapkan, sesuai dengan kompetensi yang dirumuskan secara jelas dan konkrit. Namun demikian, proses pembelajaran belum sepenuhnya sukses, karena masih ada sebahagian guru yang belum tepat menggunakan RPP pada saat proses pembelajaran berlangsung; (2) Kualitas dan inisiatif guru dalam proses pembelajaran terlihat masih masih belum baik, seperti Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru belum semuanya berkualitas, kemudian guru kurang memiliki keterampilan bertanya dengan pertanyaan terbuka terhadap siswa, dimana pertanyaan yang sering diberikan guru adalah pertanyaan tertutup, karena kurangnya menguasai bahan ajar yang lebih luas. Kondisi ini membuat sebahagian siswa kurang dapat mengembangkan daya pikir, imajinasi dan analisis yang tinggi dalam belajar, sehingga dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa belum mengalami peningkatan yang signifikan, karena guru hanya mempersiapkan semua tuntutan proses pembelajaran sebatas rutinitas; dan (3) Kendala yang ditemui kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru antara lain: kurang tersedianya dana untuk pelatihan guru di luar jam dinas, masih ada sebagian kecil guru kurang aktif dan hasil penataran belum mampu mengimbas kepada temannya, guru juga masih kurang dalam penguasaan landasan kependidikan, sehingga hal ini berdampak terhadap peningkatan kinerja dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: Kinerja Guru, Proses Pembelajaran, dan MIN Mesjid Raya

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA GURU PPKN BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (RAHMI HAYATUN, 2019)

PERSEPSI SANTRI SMA PADA PESANTREN TERPADU BABUL MAGHFIRAH ACEH BESAR TERHADAP FILM DOKUMENTER MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Azwar Rahman, 2020)

VIDEO ANIMASI 2D SEJARAH MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Safwan Maulana, 2020)

MODEL PEMBELAJARAN PADA MATERI BATIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA (Fatimah, 2019)

MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD GUGUS MARKISA KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (IDA ELVA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy