PERBANDINGAN JENIS STROKE TERHADAP POLA TIDUR PADA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN JENIS STROKE TERHADAP POLA TIDUR PADA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN


Pengarang

Evira Agustina Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101010086

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Stroke merupakan masalah yang sering terjadi di negara berkembang. Stroke termasuk penyebab kematian terbanyak di dunia setelah penyakit jantung koroner dan kanker. Stroke terdiri dari stroke iskemik dan stroke hemorhagik. Stroke dapat menimbulkan lesi pada bagian otak yang terkena. beberapa pasien pascastroke mengeluh adanya gangguan pola tidur dan disfungsi otonom. Gejala ini berkaitan dengan kualitas hidup dan jarang dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan jenis stroke terhadap pola tidur pada pasien stroke di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Metode pengambilan sampel adalah dengan consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 pasien yang memenuhi kriteria inklusi.Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep QualityIndex (PSQI) untuk mengukur pola tidur responden yang sebelumnya telah melakukan tes (mini mental state examination) MMSE dengan > 24. Dikatakan kualitas tidur baik bila nilainya 5. Data sekunder dilihat dari hasil rekam medik untuk melihat identitas, diagnosa, dan hasil CT-Scan pasien. Hasil penelitian yang didapatkan adalah data karakteristik responden dan data analitik pola tidur dengan kejadian stroke di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Dengan menggunakan uji kruskal-wallis dan Mann-whitney (p>0,05) diperleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan jenis stroke iskemik terhadap pola tidur, tidak terdapat perbedaan jenis stroke hemoragik terhadap pola tidur, dan tidak terdapat perbandingan antara stroke iskemik dan stroke hemoragik dengan pola tidur pada pasien stroke di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Kata kunci: Stroke, gangguan pola tidur, PSQI (Pittsburgh Sleep QualityIndex)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK