//

PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI RISIKO BANJIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI RISIKO BENCANA BANJIR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAKHRURRAZI - Personal Name
SubjectDISASTERS
FLOODS - SOCIAL SERVICE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kesiapsiagaan menghadapi risiko bencana banjir mengharuskan tenaga kesehatan memiliki pengetahuan yang luas dan sikap yang baik, namun fakta di RSUD Pidie Jaya, tenaga kesehatan belum sepenuhnya siap-siaga menghadapi bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan antara pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Pidie Jaya terhadap kesiapsiagaan dalam menghadapi risiko bencana banjir di Kabupaten Pidie Jaya. Metodologi yang digunakan bersifat kuantitatif analitik. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2015 di RSUD Pidie Jaya. Sampel penelitian ini adalah 30 tenaga kesehatan, yang terdiri atas 11 orang pria dan 19 orang wanita, yang mewakili Unit Gawat Darurat (UGD), unit rawat inap, dan unit poliklinik. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 60%, sikap yang baik sebanyak 56,7%, dan kesiapsiagaan yang tidak siap sebanyak 53,3%. Hasil yang didapat adalah (1). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tenaga kesehatan terhadap kesiapsiagaan menghadapi risiko bencana banjir karena hasil pengujian statistik menunjukkan nilai p. Value yaitu 0,011 (Ho ditolak jika p< 0,05) dan (2) terdapat hubungan yang signifikan antara sikap tenaga kesehatan terhadap kesiapsiagaan menghadapi risiko bencana banjir karena hasil pengujian statistik menunjukkan nilai p. Value yaitu 0,004 (Ho ditolak jika p< 0,05). Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan, Risiko bencana banjir

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEGAWATDARURATAN BENCANA GEMPA BUMI PADA TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM PIDIE JAYA DENGAN PUSKESMAS MEUREUDU (WAFAUN NISA, 2020)

HUBUNGAN SIKAP TENTANG REGULASI, PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI BLUD RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PEMERINTAH ACEH. (bukhari, 2015)

ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT (Saifuddin, 2015)

PERBEDAAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR PADA MASYARAKAT DAERAH RISIKO TINGGI DAN RISIKO RENDAH BANJIR DI GAMPONG BUGA DAN PEUKAN SEULIMEUM KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR (Dasma Intan Sari, 2017)

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENGALAMAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Ainal Mardhiah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy