//

PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dewi astuti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Metode Diskusi, Media Komik, Hasil Belajar, IPS Terpadu Diskusi adalah metode pembelajaran agar siswa dapat berbagi pengetahuan, pandangan, dan keterampilannya dengan tujuan memecahkan masalah. Komik adalah sebuah cerita yang disajikan dalam bentuk gambar dilengkapi dengan balon bicara dengan tujuan untuk menghibur pembacanya. Hasil belajar dapat diperoleh setelah siswa mengikuti kegiatan proses pembelajaran. IPS merupakan gabungan dari cabang ilmu seperti: Geografi, Ekonomi, Sejarah, Politik, Sosiologi, Hukum dan Budaya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang terdiri dari 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (pre-test dan post-test) untuk hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh persentase ketuntasan secara individual meningkat, pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas secara individual dan tujuh siswa yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 20 siswa yang tuntas secara individual dan satu siswa yang tidak tuntas. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Aktifitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai pada siklus II, terlihat dari pelaksaanaan pembelajaran telah sesuai. Keterampilan guru meningkat dari kategori sedang (2,8) menjadi baik (3,4). Respon siswa terhadap penerapan metode diskusi menggunakan media komik dapat dikatakan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari pendapat siswa bahwa metode diskusi menggunakan media komik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2019 (CUT ALVIANA, 2020)

PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (dewi astuti, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PITURE AND PITURE MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK-STRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (Muhammad Mirza, 2017)

PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII RNSMP NEGERI 6 BANDA ACEH (winda meutia, 2015)

PENERAPAN METODE RESITASI BERBASIS MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Intan Adetia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy