//

HUBUNGAN HIPOTENSI ORTOSTATIK TERHADAP RISIKO JATUH PADA PASIEN LANJUT USIA DENGAN HIPERTENSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Silvia Arga - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jatuh sering dijumpai pada lansia dan risiko jatuh meningkat seiring pertambahan usia. Hipotensi ortostatik merupakan salah satu faktor risiko intrinsik jatuh pada lansia yang berkaitan dengan penyakit kronik seperti hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hipotensi ortostatik terhadap risiko jatuh pada lansia dengan hipertensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Hipotensi ortostatik dinilai dengan melihat penurunan tekanan darah sistolik ≥ 20 mmHg atau diastolik ≥10 mmHg setelah berdiri selama 3 menit. Risiko jatuh dinilai dengan menggunakan tes Timed Up and Go. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik quota sampling. Analisa data menggunakan uji Fisher. Dari 40 responden lansia dengan hipertensi, jumlah laki-laki (55%), rentang usia 60-74 tahun (87,5%), hipertensi tidak terkontrol (55%), dan penggunaan 1 jenis terapi obat antihipertensi (67,5%) lebih dominan. Hipotensi ortostatik mempunyai persentase yang tinggi pada golongan hipertensi tidak terkontrol (66,7%) dan persentase non-hipotensi ortostatik tinggi pada golongan hipertensi terkontrol (69,2%). Dari 13 responden dengan risiko jatuh negatif, 5 diantaranya mengalami hipotensi ortostatik (38,5%) sedangkan dari 27 responden dengan risiko jatuh positif, 22 diantaranya mengalami hipotensi ortostatik (81,5%). Didapatkan uji alternatif Chi-Square yaitu uji Fisher dengan nilai p= 0,011

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL PENDERITA RETINOPATI HIPERTENSI DI POLI PENYAKIT DALAM RSU ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (fazlia, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN TEH ROSELLA TERHADAP KADAR HDL KOLESTEROL DAN LDL KOLESTEROL DARAH TERHADAP WANITA LANJUT USIA PENDERITA HIPERTENSI (Devi Yusfita, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT DEPRESI DENGAN RISIKO JATUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Qathrul Mubarak, 2019)

HUBUNGAN TEKANAN DARAH DENGAN PENINGKATAN TEKANAN INTRAOKULI PADA PASIEN GLAUKOMA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (T. IRWAN AMRIZAL, 2019)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO TERJADINYA PENYAKIT JANTUNG HIPERTENSI DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Naili Rahmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy