//

PERBEDAAN KERAPATAN SENDI LUTUT DENGAN DERAJAT NYERI LUTUT PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT BERDASARKAN FOTO POLOS LUTUT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Pocut Adilla Nadiva - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak :Osteoartritis (OA) adalah penyakit sendi kronik bersifat degeneratif yang paling sering dijumpai. Penyakit tersebut dapat memberikan masalah fisik, psikis, sosioekonomi, serta dapat mengurangi kualitas hidup. Sendi lutut merupakan sendi yang sering terkena OA. nyeri merupakan keluhan utama yang paling sering terjadi pada penderita OA dan pada OA yang lanjut dapat terjadi deformitas, sudut FTA (femoro tibial angle) sering dikaitkan dengan deformitas varus dengan nilai sudut 180o yang dikategorikan sebagai sudut FTA abnormal, nilai normal sudut FTA adalah 175o-180o. Meskipun demikian, belum banyak dipelajari hubungan sudut FTA dengan nyeri pada OA lutut berdasarkan foto polos lutut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rerata nilai kerapatan sendi lutut berdasarkan foto polos lutut yang dapat menyebabkan nyeri lutut pada pasien osteoartritis lutut dan rerata nilai nyeri sesuai VAS yang dialami pada pasien osteoartritis lutut. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan desain cross-sectional dan metode yang digunakan adalah uji T tidak berpasangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di RSUZA pada bulan September-November tahun 2015 dengan jumlah sampel merupakan penderita OA derajat II-III sebanyak 45 orang yang terdiri atas 30 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sudut FTA adalah foto polos lutut anterior-posterior posisi berdiri dan pengukuran nyeri lutut menggunakan skala VAS (Visual Analogue Scale). Hasil penelitian ini bahwa Terdapat perbedaan bermakna antara sudut FTA normal dan tidak normal dengan nyeri lutut yaitu 0,000 (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GRADASI PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT BERDASARKAN KLASIFIKASI KELLGERN-LAWRENCE DAN FAKTOR-FAKTOR RISIKONYA (PELANGI LESTARI, 2015)

HUBUNGAN KADAR SERUM INTERLEUKIN 6 DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS LUTUT (dr. Muldani Nosarios, 2018)

PERBEDAAN INTENSITAS NYERI PADA OSTEOARTRITIS LUTUT GRADE III DAN GRADE IV DENGAN TINDAKAN OPERATIF DAN NON OPERATIF DI POLIKLINIK ORTOPEDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ANANDITA PUTRI, 2016)

PERBEDAAN INTENSITAS NYERI PADA OSTEOARTRITISRNLUTUT GRADE III DAN GRADE IV DENGAN TINDAKANRNOPERATIF DAN NON OPERATIF DI POLIKLINIK RNORTOPEDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Anandita Putri, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KADAR SERUM HIGH SENSITIVITY C-REACTIVE PROTEIN DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT TIDAK OBESITAS (dr.DEDDY RIZKI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy