//

HUBUNGAN KONTROL ASMA PADA ANAK DENGAN KECEMASAN ORANGTUA DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang fadra sirvy - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kecemasan adalah suatu keadaan atau perasaan psikologis yang subyektif dan bersifat kekhawatiran atau ketidakberdayaan yang ditandai dengan denyut jantung cepat, gelisah, gemetar, berkeringat, mulut kering, dan napas cepat. Kecemasan orangtua terjadi ketika anak mengalami ketidaknyaman atau keterbatasan dalam beraktivitas. Kecemasan orangtua pada anak penderita asma disebabkan karena anak tidak memiliki kekuatan dalam menghadapi serangan asma, orang tua tidak mendapat kesempatan untuk mendampingi anak ketika anak sedang sakit, ketidakpastian prognosis, dan kondisi anak yang semakin memburuk. Kecemasan orangtua yang terjadi terus-menerus atau tidak terkendali dapat menyebabkan kondisi kualitas hidup dari orangtua dapat terganggu dan orangtua tidak dapat memberikan pengobatan yang baik pada anak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kontrol asma pada anak dengan kecemasan orangtua Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 48 responden diambil secara accidental sampling mulai dari September hingga November 2015 di Sekolah Dasar di Kecamatan Kuta Alam, Puskesmas Kuta Alam, dan Poliklinik Anak Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini menilai hubungan kontrol asma pada anak dengan kecemasan orangtua di Banda Aceh. Dari total 48 responden penelitian sebanyak 26 responden yang mengalami cemas ringan dan 22 responden yang mengalami cemas berat. Uji Chi Square menunjukkan p value = 0,000. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan kontrol asma dengan kecemasan orangtua. Kata kunci : Asma anak, Kecemasan Orangtua, CACT

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA TERHADAP PENYAKIT JANTUNG BAWAAN PADA ANAK (Putri Maulidasari, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit waladi, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit Waladi, 2016)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KEKAMBUHAN ASMA BRONKIAL PADA ANAK DI SDIT AL-AZHAR BANDA ACEH (ASY SYIFA FAUZIA, 2017)

HUBUNGAN PENDAMPINGAN ORANGTUA SAAT BERMAIN DENGAN KECEMASAN PADA ANAK PRASEKOLAH YANG DIHOSPITALISASI DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH (Sharma Indah Suari, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy