//

KARAKTERISTIK BETON ASPAL AC-BC MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DAN ASPAL PEN 60/70 DENGAN TAMBAHAN KARET BAN BEKAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Wirnanda - Personal Name
SubjectASPHALT CONCRETE-ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Terbatasnya material batu pecah dari sungai dimasa yang akan datang, maka perlu suatu alternatif penggunaan material batu pecah dari gunung, walau diketahui batu dari sungai mempunyai kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan batu dari gunung. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan kualitas perkerasan lapisan beton aspal yang dihasilkan dari campuran aspal dan batu gunung dapat ditambah dengan bahan aditif seperti karet ban bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rubberized Asphalt dalam campuran laston AC-BC dengan aspal Pen 60/70 dan material batu basalt terhadap peningkatan stabilitas dan durabilitas campuran beton aspal, dan besarnya persentase penambahan zat aditif yang optimal. Prosedur pengujian dimulai dengan pemeriksaan sifat-sifat fisis agregat dan sifat-sifat fisis Aspal Pen 60/70, kemudian dilanjutkan dengan perencanaan campuran benda uji. Pembuatan benda uji dengan variasi kadar aspal 4,5%; 5%; 5,5%; 6% dan 6,5% untuk menentukan Kadar Aspal Optimum (KAO). Selanjutnya dilakukan pengujian dan perhitungan parameter Marshall serta evaluasi parameter Marshall sehingga didapat KAO 5,27%. Berdasarkan KAO direncanakan benda uji dengan variasi kadar karet ban bekas 1%; 2%; 3%; 4%; dan 5%. Hasil kadar aditif optimum yang diperoleh setelah pengujian Marshall adalah 4%. Hasil penelitian menunjukkan nilai stabilitas pada kadar karet ban bekas 4% adalah 2512,04 kg dengan nilai durabilitas 89,64%. Kenaikan nilai stabilitas dan durabilitas disebabkan oleh kemampuan karet ban bekas bercampur dengan aspal Pen 60/70 sehingga membuat campuran menjadi lebih baik dalam menahan beban.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK BETON ASPAL AC-BC MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DAN ASPAL PEN 60/70 DENGAN TAMBAHAN KARET BAN BEKAS (Intan Wirnanda, 2013)

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN ASPAL PEN. 60/70 UNTUK BERBAGAI JENIS FILLER ( STUDI KASUS : FILLER ABU BATU, SEMEN PORTLAND DAN FLY ASH BATUBARA ) (Tarmizi, 2016)

UJI KARAKTERISTIK ASPAL BETON LAPIS ANTARA (ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE, AC–BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT (STUDI KASUS VARIASI PERSENTASE FILLER ABU BATU BASALT DAN ABU SEKAM) (Irwanyah, 2014)

KARAKTERISTIK MARSHALL BETON ASPAL AC-BC MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DAN ASPAL PEN 60/70 DENGAN TAMBAHAN ADITIF KANTONG PLASTIK BEKAS KARAKTERISTIK MARSHALL BETON ASPAL AC-BC MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DAN ASPAL PEN 60/70 DENGAN TAMBAHAN ADITIF KANTONG PLASTIK BEKAS (eldya maivita, 2013)

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN MENAMBAHKAN 1% DAN 2% PARUTAN KARET BAN DALAM KENDARAAN RODA 4 (Muhammad Amin, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy