//

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEDOKTERAN SEMESTER AKHIR DENGAN DOKTER MUDA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fahmi Abdul Azis - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar Belekang: Kecemasan adalah perasaan takut dan ketakutan yang sangat mengenai suatu yang akan terjadi tentang ancaman-ancaman ataupun kesulitan – kesulitan yang sebenarnya samar-samar dan tidak realistis yang akan muncul dimasa depan tetapi tidak jelas, dan dapat membahayakan kesejahteraan seseorang. Kecemasan yang dirasakan oleh setiap mahasiswa sangat mengganggu serta dapat menurunkan konsentrasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada mahasiswa kedokteran semester akhir dengan dokter muda Fakultas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh. Metode: Studi komparatif dengan pendekatan cross sectional dilaksanakan pada tanggal 4 – 10 Januari 2016. Besar sampel adalah 80 orang yang terbagi atas 40 orang mahasiswa semester akhir dan 40 orang dokter muda awal. Tingkat kecemasannya dinilai dengan menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale ( HARS – A ). Hasil: Analisa bivariat dengan menggunakan uji Spearman menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kecemasan pada mahasiswa kedokteran semester akhir dengan dokter muda dengan nilai P value = 0,000 ( p < 0,05 ) dengan arah korelasi yang positif sehingga H0 ditolak dan hipotesis kerja terbukti. Kesimpulan: Terdapat perbedaan tingkat kecemasan pada mahasiswa kedokteran semester akhir dengan dokter muda Fakultas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh. Kata Kunci : Kecemasan, Mahasiswa Kedokteran, Dokter Muda

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

PERBANDINGAN TINGKAT STRES ANTARA MAHASISWA SEMESTER III ANGKATAN 2017 DAN SEMESTER VII ANGKATAN 2015 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAUDHATUL JANNAH, 2019)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN SEBELUM MENGHADAPI UJIAN OSCE SEMESTER PERTAMA DENGAN NILAI YANG DICAPAI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Nasrul Nashar, 2016)

TINGKAT PENGETAHUAN DOKTER GIGI MUDA TENTANG RADIASI KEDOKTERAN GIGI PADA ANAK DI RSGM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN 2015 (KHADIJAH AMIRAH, 2015)

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Dinnatul Chairani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy