//

ANALISIS POLA KONSUMSI BUAH-BUAHAN OLEH KONSUMEN RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH ANALISIS POLA KONSUMSI BUAH-BUAHAN OLEH KONSUMEN RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRHAM - Personal Name
SubjectCONSUMPTION
FRUITS-FOERST PRODUCTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Buah-buahan memegang peran penting dalam menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebab, dalam buah-buahan terkandung berbagai macam vitamin, mineral, serat pangan, dan komponen antioksidan. Dalam mengkonsumsi buah-buahan konsumen rumah tangga di Kota Banda Aceh terbagi dalam dua kelas yaitu kelas menengah ke bawah dan menengah ke atas. Untuk kelas menengah ke bawah para konsumen lebih membeli buah berdasarkan kebutuhan dan frekuensi pembeliannya hanya terbatas saja, sedangkan pada kelas menengah ke atas membeli buah dalam jumlah besar dan rutin. Pola konsumsi buah-buahan sangat menarik untuk diteliti, hal ini dapat dilihat bagaimana konsumen rumah tangga di Kota Banda Aceh membentuk dan mengatur pola konsumsi buah-buahan baik buah nasional maupun buah impor. Penelitian ini dilakukan di kota Banda Aceh. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling). Objek penelitian adalah konsumen yaitu masyarakat yang telah membeli buah-buahan di daerah penelitian. Ruang lingkup penelitian terbatas pada pola konsumsi buah-buahan konsujmen rumah tangga di Kota Banda Aceh. Metode pengambilan sampel desa sebagai unit penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling) dengan metode pengambilan sampel secara acak sederhana (Random Sampling) serta metode analisis yang digunakan deskriptif dan uji korelasi (r). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat korelasi positif antara tingkat pendatan per bulan dengan jumlah buah, jenis buah, frekuensi pembelian dan alasan pembelian buah dengan derajat hubungan yang cukup baik. Dimana dari semua variabel yang digunakan hanya alasan pembelian buah-buahan yang memiliki derajat hubungan tertinggi dengan tingkat pendapatan yaitu jumlah pembelian buah dan jenis buah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pola konsumsi buah-buahan konsumen rumah tangga di Kota Banda Aceh dibagi kedalam tiga pola yaitu untuk jenis pola konsumsi 1 adalah konsumen jumlah konsumsi tinggi umumnya mengkonsumsi buah-buahan lebih dari 15 Kg/Bln, pola konsumsi ke-2 adalah konsumen dengan jumlah konsumsi sedang sebanyak 11 – 15 Kg/Bln dan pola konsumsi ke-3 adalah konsumen dengan jumlah konsumsi rendah sebanyak kurang 10 Kg per bulan. Serta diharapkan kepada konsumen untuk meningkatkan konsumsi buah local sehingga dapat meningkatkan perekonomian wilayah dan para petani lokal Kata Kunci : Buah-buahan, Lokal, Impor, Uji Korelasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JENIS DAN SUMBER PASOKAN BUAH-BUAHAN DI KOTA BANDA ACEH (SEBUAH KAJIAN AWAL PADA PEMASARAN BUAH-BUAHAN DI KOTA BANDA ACEH) (Fajri Fahmy, 2013)

PERMINTAAN DAN PENAWARAN BUAH-BUAHAN DI KOTA BANDA ACEH (Anggiani Nursa, 2020)

RESPON KONSUMEN RUMAH TANGGA TERHADAP PENGELUARAN RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (Mursyida, 2020)

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI BUAH IMPOR DI KOTA BANDA ACEH (YANTI DEWI, 2014)

ANALISIS PENAWARAN BUAH-BUAHAN LOKAL DAN IMPOR(STUDY KASUS PADA PEDAGANG PENGECER)DI KOTA BANDA ACEH (Melda Yulisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy