//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raudhatul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hemodialisis merupakan terapi seumur hidup yang harus dijalani oleh pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK). Hemodialisis mempengaruhi fisik dan mental pasien. Pasien hemodialisis sering mengalami cemas, depresi, dan gangguan tidur. Dukungan keluarga merupakan salah satu faktor yang dapat mengurangi atau menghilangkan kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kecemasan pada pasien hemodialisis di RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik-observasional dengan desain cross-sectional dan teknik total sampling. Sebanyak 52 pasien yang menjalani terapi hemodialisis menjadi responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dimulai dari bulan Juli-September 2015 dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Dukungan keluarga diukur menggunakan DUKE-UNC Functional Social Support Questionnaire (DUKE-UNC FSSQ) dan kecemasan diukur dengan menggunakan Hospital Anxiety and Depression Scale (HADS). Sebanyak 26,1% pasien dengan dukungan keluarga yang kurang baik mengalami cemas dan 43,5% dengan kecemasan borderline, sedangkan 72,4% pasien dengan dukungan keluarga yang baik tidak menunjukkan gejala kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dan kecemasan pada pasien hemodialisis (p-value = 0,01). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kecemasan pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) yang menjalani terapi hemodialisis di RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh. Kata kunci: Penyakit Ginjal Kronik (PGK), Hemodialisis, Dukungan Keluarga, Kecemasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FARAH ULLYA, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS REGULER DI BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (suci maghfirah, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS REGULER DI BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (suci maghfirah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy