//

PENGARUH USIA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nia Wahyuni Harti - Personal Name

Abstrak/Catatan

1 Hemodialisis adalah sebuah terapi yang harus dijalani bagi setiap pasien yang menderita Penyakit Ginjal Kronis/PGK. Hemodialisis akan mempengaruhi banyak hal, salah satunya adalah mempengaruhi kualitas hidup pasien. Pasien yang menjalani hemodialisis pada umumnya akan mengalami penurunan kualitas hidup. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan penurunan kualitas hidup pasien salah satunya adalah pengaruh usia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada pengaruh usia terhadap kualitas hidup pasien yang menjalani hemodialisis di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh periode Oktober-November 2015. Metode dalam penelitian ini observasional analitik dengan desain cross sectional dan teknik total sampling. Kualitas hidup pasien diukur menggunakan instrument Short-Form 36/SF-36. Hasil penelitian didapatkan 50 pasien yang menjalani terapi hemodialisis regular (37 pria, 13 wanita, rentang usia 18-74 tahun, sudah menjalani hemodialisis ≥ 3 bulan). Sebanyak 64% pasien memiliki kualitas hidup yang buruk sedangkan sebanyak 36% memiliki kualitas hidup yang baik. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengaruh usia terhadap kualitas hidup pasien hemodialisis (p value = 0,04 dan α = 0,05). Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pengaruh usia terhadap kualitas hidup pada pasien yang menjalani hemodialisis di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci : Penyakit Ginjal Kronik / PGK, Hemodialisis, Usia, Kualitas Hidup. 2

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TNF-α TERHADAP NAFSU MAKAN DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dr. Hasna Laura, 2020)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN RISIKO MENDERITA SLEEP APNEA PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Radita Milati, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Virdayani, 2018)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN INTERLEUKIN - 6 DENGAN KUALITAS TIDUR, DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS (Adwin Adnan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy