//

HUBUNGAN PENDONOR DARAH SECARA RUTIN DENGAN PERUBAHAN HEMOGLOBIN DI INSTALASI TRANSFUSI DARAH RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Huzaifee Hemlae - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebutuhan darah di Indonesia mencapai 4,5 juta kantong pertahun, Setiap tahun Palang Merah Indonesia (PMI) hanya dapat mengumpulkan sekitar 1.7 juta kantong darah pertahun. sehingga dibutuhkan penggalangan donor darah secara rutin agar kebutuhan darah di Indonesia mencukupi. Mendonor darah secara rutin (8 minggu) dapat mengakibatkan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendonor darah rutin dengan kadar hemoglobin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Total sampel pada penelitain ini berjumlah 30 responden. Pengambilan data menggunakan data sekunder melihat yaitu formulir donor darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pendonor darah secara rutin dengan kadar hemoglobin (p>0,05). Instalasi Transfusi Darah RSUDZA harus melakukan penyuluhan serta edukasi bahwa mendonor darah secara rutin tidak menyebabkan anemia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK PENDONOR DARAH YANG REAKTIF HEPATITIS B SURFACE ANTIGEN (HBSAG) DI UNIT TRANSFUSI DARAH (UTD) PMI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2016 (Sagita Najmi, 2018)

PERBEDAAN KADAR HEMOGLOBIN SEBELUM DAN SESUDAH MENDONOR BERDASARKAN JENIS KELAMIN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fahruzi Kausar, 2018)

MENILAI PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA 1 JAM, 6 JAM, DAN 12 JAM PASCA TRANSFUSI DARAH PADA PASIEN TALASEMIA DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Riny Fasli, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN TRANSFUSI DARAH PADA OPERASI TERBUKA TULANG BELAKANG DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (dr. T. Fenny Novhera, 2021)

HUBUNGAN HB PRETRANSFUAI TERHADAP KUALITAS HIDUP ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI RSUDZA BANDA ACEH (Miftahul Rauhan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy